Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Hitung Cepat Direspons Positif Pasar, Bagaimana Prospek Ekonomi dan Pasar Modal?

Kompas.com - 22/02/2024, 13:13 WIB
Kiki Safitri,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Chief Economist & Investment Strategist PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) Katarina Setiawan mengatakan hasil hitung cepat pemilu direspons positif oleh pasar. Hal ini menjadi sentimen positif bagi ekonomi dan pasar modal.

“Pasar bereaksi positif terhadap hasil hitung cepat, karena pemilu yang rumit berjalan lancar, aman dan dengan partisipasi masyarakat yang tinggi, pasar bereaksi positif,” kata Katarina dalam siaran pers, Rabu (21/2/2024).

Di sisi lain, Katarina menilai pasar juga bereaksi positif ketika pemilu dilakukan satu putaran, dibandingkan pemilu dua putaran.

Baca juga: 6 Tips agar Terhindar dari Jebakan Saham Gorengan

Ilustrasi investasi, investasi saham. SHUTTERSTOCK/SUTTHIPHONG CHANDAENG Ilustrasi investasi, investasi saham.

Pemilu satu putaran disambut baik karena hal ini menghilangkan hambatan-hambatan kebijakan,” lanjut dia.

Pemilu Indonesia 14 Februari 2024 dapat dinobatkan sebagai pemilu satu hari terbesar di dunia. Pemilu ini melibatkan lebih dari 204 juta pemilih yang memilih presiden/wakil presiden dan anggota parlemen baik secara nasional maupun regional.

Sebagai perbandingan, pemilu AS 3 November 2020 hanya melibatkan 158 juta pemilih dengan proses pengumpulan amplop suara yang masih terus berlangsung sampai setidaknya 20 November, hampir tiga minggu kemudian.

Hasil hitung cepat awal menunjukkan bahwa Prabowo Subianto tampaknya akan meraih kemenangan pada Pilpres 2024, dan menempatkannya sebagai Presiden Indonesia berikutnya.

Baca juga: Mengenal 3 Tipe Saham di Indonesia dan Penjelasannya

Prabowo Subianto memperoleh rentang jajak pendapat yang konsisten sebesar 58-59 persen di sebagian besar survei hitung cepat seperti Litbang Kompas, Charta Politika Indonesia dan lain-lain sampai dengan tanggal 15 Februari 2024.

Selain itu, juga berdasarkan hitung cepat, Prabowo-Gibran tampaknya telah meraih lebih dari 20 persen suara di setidaknya 20 provinsi, yang merupakan syarat lain untuk pemilu satu putaran.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com