Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Bisa Dipesan, Ini Cara Beli Investasi SR020

Kompas.com - 02/03/2024, 08:48 WIB
Mela Arnani

Penulis

KOMPAS.com - Instrumen investasi Sukuk Ritel (SR) seri SR020 sudah bisa dipesan oleh publik, mulai dari nominal Rp 1 juta.

Dilansir dari laman resmi Kementerian Keuangan (Kemenkeu), masa penawaran investasi SR020 berlangsung pada 1-27 Maret 2024.

Terdapat dua jangka waktu atau tenor investasi ini, yaitu 3 tahun (SR020T3) dan 5 tahun (SR020T5).

Telah ditetapkan besaran kupon atau tingkat imbalan dari investasi SR020, yakni sebesar 6,30 persen per tahun untuk SR020T3 dan 6,40 persen per tahun untuk SR020T5.

Lebih lanjut, bagaimana cara membeli investasi Sukuk Ritel (SR) seri SR020?

Baca juga: 3 Perbedaan Sukuk Ritel dan Sukuk Tabungan, Apa Saja?

Cara beli investasi Sukuk Ritel SR020

Pemesanan instrumen investasi ini bisa dilakukan secara online melalui mitra distribusi (midis) resmi, di mana ada sebanyak 30 midis yang telah ditunjuk oleh pemerintah.

Adapun langkah-langkah atau tata cara berinvestasi Sukuk Ritel (SR) seri SR020 sebagai berikut:

  • Akses laman https://www.djppr.kemenkeu.go.id/sukukritel, lalu pilih salah satu link platform elektronik mitra distribusi pembelian SBR
  • Registrasi melalui sistem elektronik mitra distribusi, dengan memasukkan informasi Single Investor Identification (SID), nomor rekening dana, dan nomor rekening surat berharga yang dimiliki
  • Pesan SR020 melalui sistem elektronik mitra distribusi dan tunggu sampai pemesanan terverifikasi
  • Anda akan memperoleh kode pembayaran melalui sistem elektronik mitra distribusi atau alamat email, dan lakukan penyetoran dana sesuai pemesanan
  • Pembayaran bisa dilakukan melalui teller, ATM, internet banking, maupun mobile banking dengan batas waktu tiga jam
  • Calon investor akan memperoleh NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) dan notifikasi completed order via sistem elektronik mitra distribusi maupun email yang sudah terdaftar
  • Lakukan konfirmasi, dan investor akan memperoleh bukti konfirmasi pemesanan SBN Ritel via sistem elektronik mitra distribusi dan email yang terdaftar.

Baca juga: Sukuk Ritel adalah Apa? Ini Penjelasan Lengkapnya

Perlu diketahui bahwa SR020 diterbitkan untuk menyediakan alternatif investasi yang aman, menguntungkan, dan likuid bagi masyarakat luas.

Instrumen investasi ini juga dipakai untuk mendukung pemulihan ekonomi dan pengembangan pasar keuangan syariah, memperluas basis investor di pasar domestik, serta memperkuat pasar modal Indonesia dengan mendorong transformasi masyarakat dari saving-oriented society menuju investment-oriented society.

Itulah informasi soal masa penawaran investasi Sukuk Ritel (SR) seri SR020 dan cara pemesanannya.

Baca juga: Apa Itu Sukuk Ritel? Ini Penjelasannya

Baca juga: Apa Itu Sukuk Tabungan? Ini Pengertian dan Keuntungannya

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com