Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terapkan Tarif Dinamis, Kereta Cepat Whoosh Layani 2 Juta Penumpang

Kompas.com - 05/03/2024, 20:28 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) melaporkan, kereta cepat Whoosh telah melayani 2 juta penumpang sejak beroperasi secara komersial pada 17 Oktober 2023.

Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan, hal ini dapat tercapai salah satunya karena penerapan skema tarif dinamis atau dynamic pricing mulai Februari 2024 lalu.

Sebab, skema tarif ini penerapan skema dynamic pricing mulai Februari 2024 juga dinilai sangat membantu para penumpang untuk membuat rencana perjalanan yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan daya beli.

Baca juga: Layanan Intermoda BRT Bus Listrik Bakal Tersedia di Stasiun Whoosh Tegalluar

Seorang penumpang prioritas yang mendapatkan layanan khusus saat menggunakan layanan Kereta Cepat Whoosh. Dok. KCIC. Seorang penumpang prioritas yang mendapatkan layanan khusus saat menggunakan layanan Kereta Cepat Whoosh.
"Terbukti terdapat peningkatan okupansi sebesar 16 persen pada perjalanan Whoosh yang menerapkan skema dynamic pricing dibandingkan bulan Januari," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (5/3/2024).

Selain itu, kata dia, efisiensi dan kenyamanan yang ditawarkan menjadi salah satu nilai tambah yang menjadi unggulan Whoosh sehingga penumpang tertarik untuk menjajal Whoosh.

"Jumlah perjalanan terus ditingkatkan secara bertahap dari awalnya 14 perjalanan reguler per hari di Oktober, 28 perjalanan di November, dan 40 perjalanan per hari sejak bulan Desember, bahkan di moment tertentu seperti akhir pekan dan musim liburan perjalanan Whoosh dapat mencapai hingga 48 jadwal per hari," ucapnya.

Beragam inovasi juga dihadirkan KCIC melalui kolaborasi dengan lokasi wisata, layanan Intermoda dengan berbagai operator transportasi, dan penyediaan area komersial.

Baca juga: Frekuensi Perjalanan Kereta Cepat Whoosh pada Akhir Pekan Ditambah, Simak Jadwalnya

Saat ini salah satu hal yang juga terus dikembangkan yakni integrasi antar moda untuk meningkatkan aksesibilitas dan kemudahan untuk masyarakat dari dan menuju Stasiun Whoosh.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com