Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Sudah Bisa Dilewati, KA Sindang Marga Beroperasi Malam Ini

Kompas.com - 08/03/2024, 21:00 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah menyelesaikan proses normalisasi jalur kereta api Gunung Megang-Penanggiran di Muara Enim, Sumatera Selatan setelah sempat terdampak robohnya balok girder proyek Flyover Bantaian pada Kamis (7/3/2024).

Manager Humas PT KAI Divre III Palembang Aida Suryanti mengatakan, saat ini jalur kereta api tersebut sudah dapat dilalui kereta api dengan kecepatan terbatas 5 km per jam.

Kereta api pertama yang melintas ialah KA 3032 KA Babaranjang dari Tanjung Enim Baru menuju Tarahan melalui jalur hulu dan jalur tersebut telah dipastikan petugas KAI Divre III Palembang dapat dilintasi kereta api

Baca juga: Imbas Girder Flyover Muara Enim Roboh, Seluruh Perjalanan Kereta Api Dibatalkan

"Kecepatan selanjutnya akan ditingkatkan secara bertahap apabila perbaikan jalur telah dilakukan sesuai standar kecepatan yang ditentukan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (8/3/2024).

Dengan normalnya jalur hulu ini untuk KA Sindang Marga relasi Kertapati-Lubuklinggau dan sebaliknya mulai malam ini kembali beroperasi melayani pengguna jasa.

"Aspek keselamatan menjadi prioritas dan konsen kami dalam menjalankan operasional KA, semua jalur di petak jalan tersebut masih dalam pengawasan dan perbaikan petugas KAI Divre III Palembang," ucapnya.

Baca juga: Kementerian PUPR Turunkan Tim Selidiki Ambruknya Balok Girder Flyover di Muara Enim

Selanjutnya, normalisasi dan perbaikan jalur dilanjutkan di jalur hilir di petak jalan tersebut. Aida memastikan, proses evakuasi terus berlanjut dan berjalan lancar, dan tidak ada korban jiwa dari penumpang maupun pegawai PT KAI dari kejadian ini.

"Kami menyampaikan prmohonan maaf kepada pelanggan KA atas ketidaknyamanan ini dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yg telah membantu percepatan proses evakuasi dan perbaikan ini," tuturnya.

Baca juga: Bantu Temukan Solusi Petani Karet di Muara Enim, PGN Raih Proper Emas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com