Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Bank Masuk Bisnis "Paylater", Pemain Lama: Kita Bersaing Saja secara Sehat

Kompas.com - 20/03/2024, 21:43 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Industri paylater atau buy now pay later (BNPL) kian ramai dengan kehadiran pemain baru dari perbankan seperti PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dan PT Bank Central Asia Tbk (BCA).

Sebagai pemain yang sejak 2016 bergelut dengan bisnis paylater, PT Kredivo Finance Indonesia (Kredivo) menyambut baik kehadiran pemain baru tersebut.

SVP Marketing and Communication Kredivo Indina Andamari mengatakan, pemain industri paylater memiliki satu cita-cita untuk menumbuhkan dan mempercepat inklusi finansial. Artinya, saat ini semakin banyak pihak yang dapat mengdukasi masyarakat soal produk paylater.

Baca juga: BCA Prediksi Transaksi Paylater Naik Jelang Ramadhan

"Ya kita bersaing saja secara sehat," kata dia dalam konferensi pers, Rabu (20/3/2024).

Ia menambahkan, yang membedakan Kredivo dengan penyedia paylater lain adalah keberterimaan layanan Kredivo di berbagi merchant populer yang ada di Indonesia. Indina juga percaya diri dengan pengalaman konsumen mulai dari pengajuan kredit, waktu transaksi, sampai pembayaran yang ditawarkan platform Kredivo.

Selain itu, Kredivo juga mengklaim masih memberikan penawaran bunga yang menarik. Saat ini, Kredivo memberikan bunga teteap senilai 2,6 persen untuk tenor 6 sampai 12 bulan. Adapun tenor 30 hari sampai 3 bulan memilik bunga senilai 0 persen.

Kredivo juga memberikan limit pinjaman hingga Rp 50 juta untuk konsumen denga tenor maksimal hingga 24 bulan.

Di samping itu, Kredivo juga akan memberikan penawaran promo-promo yang menarik untuk konsumen.

"Saya kembalikan ke pengguna masing-masing deh. Mereka akhirnya memilih yang mana," imbuh dia.

Sedikit catatan, saat ini Kredivo tidak hanya memberikan layanan produk di e-commerce, tetapi juga dapat digunakan pada merchant offline serta pinjaman online melalui kerja sama dengan KrediFazz.

Baca juga: Paylater BTN Bakal Meluncur Paling Lambat April 2024

Sebagai informasi, bank lain yang juga memiliki produk paylater misalnya adalah Allo Bank dan Digibank by DBS.

Sementara, beberapa bank lain yang akan memiliki produk paylater tahun ini adalah PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN), PT Bank CIMB Niaga, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI).

Sebelumnya, Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Dian Ediana Rae mengatakan, pada dasarnya paylater merupakan produk bank layaknya kredit yang juga disebut kredit Kredit Tanpa Agunan (KTA). Paylater bukan produk baru dalam perbankan.

"Nama paylater sendiri hanya salah satu strategi pemasaran yang dilakukan oleh bank untuk mengemas produk kredit dimaksud sehingga lebih menarik dan relevan dengan perilaku konsumen saat ini," ujar dia.

Baca juga: Akulaku PayLater Kembali Salurkan Pembiayaan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com