Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng Pertamina Lubricants, BSI Bakal Sediakan Pembiayaan Modal Kerja

Kompas.com - 23/03/2024, 03:00 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau BSI menggandeng PT Pertamina Lubricants, anak perusahaan Pertamina Patra Niaga yang bergerak di bidang produksi dan penjualan Pelumas, untuk menyediakan layanan perbankan dan  fasilitas modal kerja.

Kerja sama antara BSI dan PT Pertamina Lubricants ini dilakukan sebagai bagian dari pengembangan usaha sekaligus mempermudah 130 distributor pelumas Pertamina di seluruh Indonesia untuk mendapatkan fasilitas modal kerja sesuai dengan prinsip syariah.

Direktur Retail BSI Ngatari menyampaikan, kerja sama ini akan semakin mendorong peran BSI untuk masuk ke dalam ekosistem bisnis strategis salah satunya industri perminyakan.

Baca juga: Cara Tarik Tunai di Alfamart Pakai BSI Mobile

"Kami optimistis sistem pembiayaan di bank syariah ini mampu menunjang akselerasi pertumbuhan bisnis mulai dari core business hingga surrounding business ecosystem," kata dia dalam keterangan resmi, dikutip Jumat (22/3/2024).

Sebelumnya, BSI dan Pertamina grup telah menjalin kerja sama berupa pembiayaan korporasi, pembiayaan kepada mitra rekanan Pertamina antara lain agen elpiji, pengusaha SPBU/SPBE hingga penyedia jasa kontruksi dan akses layanan keuangan secara host to host bagi mitra SPBU di wilayah Sumatera.

Ngatari menambahkan, kinerja pembiayaan di BSI yang tumbuh menjadi peluang kerja sama yang baik bagi pertumbuhan bidang-bidang usaha strategis.

Baca juga: Cara Mudah Bayar Shopee PayLater via BSI Mobile

"Adapun kerja sama dengan PT Pertamina Lubricants ini pada tahap awal kami siapkan layanan hulu hingga hilir baik dari sisi cash management, segmen SME, korporasi, maupun transaction banking," imbuh dia.

Sementara itu, Direktur Utama PT Pertamina Lubricants Werry Prayogi menyampaikan, kolaborasi ini menjadi salah satu langkah penting dalam mendukung keberlanjutan bisnis PT Pertamina Lubricants.

"Semoga solusi perbankan bersama BSI dapat mempermudah distributor PT Pertamina Lubricants dalam mengembangkan dan meningkatkan bisnisnya dengan lebih inovatif dan kompetitif," tutup dia.

Sebagai informasi, hingga Desember 2023 BSI telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 240.32 triliun, atau tumbuh 15,70 persen secara tahunan atau year on year. Dari jumlah itu, pembiayaan wholesale mengambil porsi 28,09 persen dari keseluruhan pembiayaan.

Baca juga: Permintaan Tumbuh saat Ramadhan, BSI Jaga Kualitas Pembiayaan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com