Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Negara di Dunia dengan Jumlah Penduduk Terbesar, India Juaranya

Kompas.com - 22/05/2024, 11:33 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Populasi penduduk di dunia terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Mengutip laman Population Today, jumlah penduduk bumi sudah menembus 8,11 miliar.

Jumlah total populasi penduduk dunia terdiri dari 4,07 miliar laki-laki (50,24 persen) dan perempuan 4,03 miliar (49,76 persen).

Padahal pada tahun 2021, jumlah penduduk dunia masih berada di angka 7 miliar, lalu di tahun 2022 naik menjadi 8 miliar.

Sementara untuk angka pertumbuhan penduduk secara global tercatat sebesar 0,901 persen. Penduduk di negara-negara berkembang relatif terus mengalami kenaikan.

Sementara di negara-negara ekonomi maju, pertumbuhannya relatif stagnan, bahkan di beberapa negara pertumbuhan penduduknya tercatat minus.

Baca juga: Apa Itu Negara Dunia Ketiga dan Kenapa Berkonotasi Negatif?

Salah satu kontribusi terbesar penduduk bumi terus mengalami kenaikan adalah meningkatnya kualitas kesehatan yang didukung oleh berbagai teknologi modern.

Dampaknya banyak manusia yang kini bisa dihindarkan dari berbagai penyakit mematikan sehingga angka harapan hidup juga mengalami kenaikan.

Tiga negara di dunia dengan jumlah penduduk terbesar

Saat ini tiga negara di dunia dengan jumlah penduduk terbesar adalah India, China, dan di peringkat ketiga ditempati oleh Amerika Serikat (AS).

1. India

Negara negara dengan penduduk terpadat di dunia adalah India. Populasi negara ini sudah menembus 1,428 miliar dengan pertumbuhan 0,81 persen per tahun 2023.

Mengutip situs Worldometer, kepadatan penduduknya juga sangat tinggi. Di Indonesia, setiap tanah seluas 1 kilometer persegi dihuni oleh 481 penduduk.

Sebagai perbandingan, Indonesia yang menempati urutan keempat penduduk terbanyak di dunia, memiliki kepadatan penduduk 153 jiwa per kilometer persegi. Negara ini memiliki luas 3,2 juta kilometer persegi.

Pertumbuhan penduduk India yang tinggi membuat negara ini menggeser posisi China yang selama puluhan tahun sebelumnya selalu menempati peringkat pertama sebagai negara penduduk terbanyak di dunia.

Tiga negara di dunia dengan jumlah penduduk terbesar adalah India. Tiga negara di dunia dengan jumlah penduduk terbesar adalah India.

Baca juga: Khrushchyovka, Cara Uni Soviet Sediakan Rumah Murah bagi Warganya

2. China

Selanjutnya tiga negara di dunia dengan jumlah penduduk terbesar adalah China. Total penduduk negara komunis ini mencapai 1,425 miliar atau berselisih tipis dengan India.

Namun meski jumlah penduduknya relatif besar, kepadatan penduduk di China tidak sepelik India. Setiap 1 kilometer persegi lahan di China, dihuni 152 jiwa.

Yang jadi masalah, meski negara ini sangat luas yakni mencapai 9,59 juta kilometer persegi, penduduknya sebagian besar menumpuk di sisi timur. Sementara di bagian barat, kepadatannya sangat rendah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com