Milenial, Begini Cara Atur Keuangan agar Gaji Tak Habis Sia-sia

Kompas.com - 06/03/2019, 11:42 WIB
Ilustrasi menabung SHUTTERSTOCKIlustrasi menabung

JAKARTA, KOMPAS.com - Generasi milenial sudah harus mulai memikirkan rencana hidup di tahapan usia berikutnya. Perlu ada perencanaan yang matang dalam mengelola keuangan demi kesejahteraan di masa depan.

Sebagian dari milenial, bahkan generasi di atasnya sekalipun belum bisa membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Padahal keduanya sangat berbeda. Jika salah memahaminya, gaji bulanan bisa ludes sia-sia.

Perencana keuangan OneShildt Budi Raharjo mengatakan, milenial harus punya tujuan untuk sejahtera di usia produktif hingga nanti pensiun.

"Paling tidak harus punya goals seperti itu supaya bisa disiplin, sejak awal bekerja langsung mengalokasikan pos tabungan," ujar Budi kepada Kompas.com.

Budi menekankan pentingnya mengatur pola pikir sebelum mulai mengelola keuangan. Pembagian pengeluaran dari pendapatan bulanan juga harus jelas.

Berikut cara-cara yang bisa dilakukan milenial untuk mengelola keuangan lebih baik:

Atur anggaran bulanan.

Mau tak mau, mencatat menjadi hal yang penting dalam mengelola kas. Setiap bulannya Anda harus merencanakan keuangan, baik di pos pengeluaran untuk belanja, membayar tagihan, hingga pos untuk ditabung.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, untuk jangka panjang, Anda bisa mengalokasikan simpanan itu untuk membeli aset. Jadi sudah ada pembagian pos pengeluaran masa kini dan masa mendatang.

Gunakan rekening autodebit.

Secara otomatis menyisihkan sebagian pendapatan bulanan ke rekening khusus tabungan sangat membantu Anda untuk berhemat. Rekening autodebit akan mengontrol keuangan dengan menyisihkan uang dengan jumlah yang konsisten setiap bulan.

"Sikap kita belanja dengan apa yang tersisa, bukan menabung apa yang tersisa. Kita bisa lebih disiplin," kata Budi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X