Baru 61,7 Persen Wajib Pajak Taat Lapor SPT

Kompas.com - 02/04/2019, 19:31 WIB
Pegawai pajak meneliti kebenaran isi laporan surat pemberitahuan tahunan (SPT) wajib pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta, Pasar Minggu, Kamis (21/4/2016). KOMPAS / TOTOK WIJAYANTOPegawai pajak meneliti kebenaran isi laporan surat pemberitahuan tahunan (SPT) wajib pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta, Pasar Minggu, Kamis (21/4/2016).

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Pajak (DJP) menyebutkan, 11,3 juta wajib pajak sudah melaporkan SPT-nya hingga 1 April 2019.

Menurut Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Ditjen Pajak Hestu Yoga Saksama, data tersebut tak hanya wajib pajak orang pribadi saja, namun juga wajib pajak badan. 

"Itu termasuk 278.000 dari wajib pajak badan," ujarnya kepada Kompas.com, Jakarta, Selasa (2/4/2019).

"Jumlah SPT 11,3 juta tersebut meningkat sebesar 6,6 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang sekitar 10,6 juta," sambung dia.

Khusus untuk wajib pajak orang pribadi, sampai dengan batas waktu penyampaian SPT pajak, ada peningkatan 7,75 persen, dari 10,237 juta tahun lalu.

Namun secara keseluruhan, kata Hestu, SPT yang masuk itu baru mencerminkan 61,7 persen. Sebab harusnya, 18,334 juta yang seharusnya melaporkan SPT periode 2018.

"Meski begitu, Ditjen Pajak menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada para wajib yang telah membayar pajak dan menyampaikan SPT Tahunannya tepat waktu," kata dia.

Bagi wajib pajak yang belum melaporkan SPT orang pribadi. Bisa segera melapor meski sudah lewat jatuh tempo 31 Maret 2019.

Hestu memastikan, laporan SPT tersebut akan diterima oleh Ditjen Pajak. Sedangkan denda Rp 100.000 bisa dibayar setelah adanya Surat Tagihan Pajak (STP) dari kantor pajak.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X