BEI Sebut Ada Indikasi 41 Saham Gorengan

Kompas.com - 11/01/2020, 13:01 WIB
Ilustrasi pergerakan harga saham THINKSTOCKSIlustrasi pergerakan harga saham
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Bursa Efek Indonesia (BEI) menyebutkan terdapat 41 saham yang terindikasi merupakan saham gorengan atau saham kualitas rendah. Terkait hal itu, BEI tegas melakukan pengawasan ketat.

"Bahwa saham gorengan yang disebut publik itu merupakan saham dengan volatilitas tinggi yang tidak didukung oleh fundamental dan informasi memadai itu, selama ini sudah kami lakukan tindakan. Semua enggak akan lolos," kata Direktur Pengawasan Transaksi dan Kepatuhan Kristian S. Manullang di BEI Jakarta Pusat, Jumat (10/1/2020).

Meski menyebut ada 41 saham gorengan, namun BEI masih enggan menjabarkan saham-saham apa saja yang masuk dalam kategori gorengan.

Baca juga: Biar Paham, Ini Penjelasan soal Saham Gorengan

Kris menjelaskan, jika terdapat gejolak yang mencurigakan, maka BEI akan segera malakukan upaya pencegahan dan pengawasan. Hal ini berlaku pada semua sektor saham naik saham unggulan LQ 45 maupun diluar LQ 45.

"Kalau memang ada gejolaknya seperti itu, baik LQ 45 atau di luar itu. Kami melakukan tindakan yang sama dan konsisten. Jadi tindakan pencegahan kami lakukan dalam peran kami sebagai bursa," jelasnya.

Adapun upaya pencegahan tersebut adalah dengan cara meminta kejelasan dari segi informasi, market activity, suspensi dan permintaan public expose insidential hingga menghapus pencatatan dari bursa.

Baca juga: BPK Sebut Jiwasraya Investasi di Saham Gorengan Ini, Apa Saja?

Kris juga menyebut, mengidentifikasi saham gorengan tidak sulit. Ia juga tegas bagi saham yang terindikasi melanggar Undang-undang Pasar Modal akan dilakukan penyidikan.

"Kalau memang ada indikasi melanggar undang-undang pasar modal, tentunya kami akan berkoordinasi dengan OJK melakukan tindakan penyidikan dan pemeriksaan lebih lanjut," tegasnya.

Baca juga: Nasib Jiwasraya, Main Saham Gorengan Berujung Gagal Bayar



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X