Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Bisnis Waralaba Ini Menjamur di 2019, Bagaimana di 2020?

Kompas.com - 18/01/2020, 19:34 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada sejumlah bisnis waralaba yang sangat populer sepanjang tahun 2019.

Setidaknya ada tiga jenis waralaba yang begitu menjamur di Tanah Air tahun lalu. Lalu, apakah bisnis-bisnis waralaba ini masih akan tetap eksis di tahun 2020?

Tiga waralaba yang menjamur sepanjang 2019 adalah sebagai berikut.

1. Ayam geprek

Bisnis olahan ayam masih mendominasi sebagai lauk di Indonesia. Salah satunya adalah ayam geprek.

Harga yang terjangkau membuat ayam geprek bisa diterima oleh semua kalangan. Sejumlah brand ayam geprek yang sukses di Tanah Air pun bersaing dengan harga yang ekonomis dan menjamur.

Baca juga: Ingin Mulai Bisnis Waralaba? Perhatikan Dua Hal Ini

2. Kopi susu kekinian

Waralaba lain yang begitu populer adalah kopi susu atau kopi kekinian. Banyak merek yang populer bersaing mulai dari brand luar hingga brand lokal dengan namanya yang cukup membuat penasaran.

Pangsa pasarnya tentu saja anak-anak muda yang suka kopi dan nongkrong. Harganya juga tidak terlalu mahal, maka dari itulah waralaba semacam ini jumlahnya makin banyak saja.

3. Minuman boba

Jenis minuman ini begitu diminati oleh kalangan anak muda. Rasa yang enak dengan varian rasa yang banyak, membuat bisnis minuman boba makin menjamur.

Pun banyak brand minuman boba dari luar negeri yang masuk ke Indonesia.

Baca juga: Simak 4 Tips Ini Sebelum Memulai Bisnis Franchise

Bagaimana prospeknya di 2020?

Apakah bisnis waralaba yang hits di tahun 2019 tersebut masih akan eksis di tahun 2020? Anang Sukandar, Ketua Kehormatan Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) memperkirakan bakal ada masanya bisnis waralaba tersebut akan memasuki masa jenuh.

Usaha-usaha tersebut pun akan mengalami seleksi alam dan hanya pemain-pemain yang mendapatkan suntikan modal saja yang akan bertahan lama.

Terkait bisnis kopi, Anang Sukandar menyebutkan pamornya masih akan terus naik sampai 3-5 tahun ke depan. Ia memprediksi akan ada sekitar 15–20 persen dari keseluruhan pemain bisnis kopi susu ini yang akan bertahan.

Adapun untuk bisnis minuman boba, adanya isu kesehatan pada tahun 2019 membuat para pelaku bisnis perlu berinovasi supaya variannya lebih sehat lagi. Sementara untuk ayam geprek sudah terlebih dahulu hits mulai tahun 2018, sehingga keberadaanya mungkin sedikit demi sedikit berkurang terjadi seleksi alam.

Baca juga: Waralaba Kopi Susu Marak, Sampai Kapan Bertahan?

Mengapa bisnis waralaba menjanjikan?

Banyak hal yang membuat bisnis waralaba makin menjanjikan. Salah satunya adalah kemajuan teknologi dengan hadirnya layanan jasa antar makanan melalui platform digital.

Kemudahan transaksi dan pelayanan yang ditawarkan membuat orang-orang semakin konsumtif. Ditambah lagi ada tawaran promo, cashback, dan lain-lain yang membuat waralaba makanan dan minuman makin berkembang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com