BPJT: Tarif Baru Tol Dalam Kota Akan Berlaku 31 Januari 2020

Kompas.com - 28/01/2020, 17:16 WIB
Kepadatan di pintu keluar tol dalam kota di Semanggi, Jakarta Pusat, Selasa (5/4/2016). Pemprov DKI Jakarta dan Polda Metro Jaya uji coba penghapusan sistem three in one hari ini. KOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYAKepadatan di pintu keluar tol dalam kota di Semanggi, Jakarta Pusat, Selasa (5/4/2016). Pemprov DKI Jakarta dan Polda Metro Jaya uji coba penghapusan sistem three in one hari ini.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah akan segera menarapkan tarif baru untuk tol dalam kota dengan ruas Cawang - Tomang - Pluit dan Cawang - Tanjung Priok - Ancol Timur - Jembatan Tiga/Pluit.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan, rencananya penyesuiaan tarif ini akan dilakukan mulai 31 Januari 2020.

Ini setelah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menandatangani Keputusan Menteri PUPR Nomor 1231/KPTS/M/2019.

"Penyesuaiannya sudah di tandatangani Pak Menteri (Basuki)," ujar Danang di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (28/1/2020).

Baca juga: Tarif Tol Dalam Kota Akan Disesuaikan, Ada yang Naik dan Ada yang Turun

Danang menjelaskan, saat ini PT Jasa Marga (Persero) dan PT Citra Marga Nushapala Persada selaku operator Tol Dalam Kota sedang melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Apabila sosialisasi ini berjalan lancar, rencananya tarif baru ini akan segera diberlakukan pada 1 Februari mendatang.

"Sekarang dalam tahap sosialisasi rencana kami kalau misalnya kondusitf tidak ada penolakan dari masyarakat dan sebagainya, diperkirakan 1 Februari mulai diberlakukan tarif baru penyesuaiannya," tuturnya.

Baca juga: Besok, Jasa Marga Umumkan Tarif Baru Tol Dalam Kota

Sebelumnya, Jasa Marga selaku salah satu pengelola ruas tol dalam kota menyebutkan bahwa penyesuaiaan tarif tidak serta merta menaikan tarif kepada seluruh golongan kendaraan.

Corporate Communications Department Head Jasa Marga Irra Susiyanti mengatakan, nantinya akan ada tarif golongan kendaraan yang mengalami kenaikan dan ada yang turun.

"Iya (penyesuaian semua golongan). Penyesuaian bisa naik, bisa turun. Tunggu update nya besok," ujarnya kepada Kompas.com, Senin (27/1/2020).

Rencananya, kendaraan yang masuk golongan III hingga golongan V akan mengalami penurunan tarif akibat adanya simplikasi golongan.

Baca juga: Tarif Tol Dalam Kota Akan Segera Naik

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X