Simak, 4 Langkah Menumbuhkan Bisnis Anda Sekarang

Kompas.com - 28/02/2020, 10:50 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejatinya menjalankan bisnis bukanlah perkara yang gampang.

Ketika bisnis Anda stagnan atau tidak berkembang, Anda harus berusaha untuk meningkatkan bisnis Anda pada tahu ini, alih-alih mencari peluru ajaib dapat membantu bisnis Anda untuk berkembang.

Baca juga: Ingin Mulai Bisnis Fashion Muslim, Perhatikan 3 Hal Ini Dulu

Dikutip dari Entrepreneur, Jumat (28/2/2020), ada empat langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis.

1. Susun prioritas

Para pemimpin hebat tidak perlu terlalu khawatir untuk terlihat baik dan lebih banyak memfokuskan energi untuk mencapai tujuan utama.

Buat garis besar prioritas terbesar Anda serta dampaknya dan kemudian periksa dimana Anda dan tim menghabiskan sebagian besar waktu Anda. Apakah proyek-proyek itu benar-benar selaras dengan tujuan utama Anda.

Baca juga: Platform Digital Ini Tawarkan Kerja Sama Pengembangan Bisnis UMKM

2. Tingkatkan kekuatan

Ketika Anda menilai kembali bisnis Anda, kecenderungan alami adalah fokus pada kelemahan Anda. Tapi ini mungkin tidak selalu menjadi cara terbaik ke depan.

Alih-alih, lihat apa yang Anda lakukan paling baik. Apakah ada peluang untuk tumbuh lebih banyak lagi?

Seringkali pelanggan saat ini memegang kunci ununtuk pertumbuhan masa depan Anda. Oleh sebab itu, pikirkan tentang hal apa dan cara apa yang bisa dilakukan untuk mempertahankan mereka.

3. Ketahui kelemahan Anda

Setiap bisnis memiliki kelemahan dan para pemimpin sering merasa diharuskan untuk menyiasati itu. Namun, ini bukanlah hal yang gampang atau bahkan tidak selalu merupakan langkah yang tepat.

Anda tidak dapat melakukan semuanya sekaligus dan pertumbuhan dapat menjadi produk sampingan dari menyempitnya area fokus Anda.

Jika mereka tidak mencegah bisnis Anda bergerak maju, penggunaan waktu atau uang Anda untuk saat ini yang terbaik mungkin ada di tempat lain.

Baca juga: Kisah Rico Huang, Berawal dari Bisnis Casing HP hingga Mampu Beli Ferrari

4. Jangan takut gagal

Para pendiri tergoda untuk bermain aman karena takut gagal. Ketika Anda berpikir bisnis adalah sulit dan kegagalan itu mungkin merupakan hal yang masuk akal.

Tapi Anda juga harus berpikir bahwa ketika Anda mengambil risiko yang lebih besar, maka peluangnya tidak jauh lebih buruk dan hasilnya secara eksponensial lebih tinggi.

Selama Anda bertanggung jawab secara finansial Anda bisa berani secara strategis.

Baca juga: Bermodal Perahu Kecil, Bisnis Ikan Asin Wanita Ini Raih Omzet Rp 19 Juta

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X