Dampak Virus Corona, Penjualan Smartphone China Diproyeksi Merosot 40 Persen

Kompas.com - 29/02/2020, 12:39 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

BEIJING, KOMPAS.com - Pasar smartphone China, yang merupakan pasar terbesar di dunia diproyeksi bakal mengalami penurunan besar-besaran akibat wabah virus corona.

Hasil riset dari IDC menyebutkan, penjualan smartphone di China diproyeksi anjlok hingga 40 persen pada kuartal pertama tahun ini jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Artinya, jumlah smartphone yang dibeli konsumen China 33 juta smartphone lebih rendah dalam tiga tahun pertama tahun ini.

"Ketika kami memperbarui proyeksi tahun ini di tahun lalu, kami hanya mengekspektasikan penurunan sebesar 5 persen," ujar analis IDC Will Wong seperti dikutip dari CNN, Sabtu (29/2/2020).

Baca juga: Corona Bikin IHSG dan Rupiah Terkapar, Ini Kata Pemerintah

"Bahkan dengan potensi pemulihan Maret masih akan sulit untuk mencapai level tahun lalu untuk kuartal pertama," tambah dia.

Wong mengatakan, lesunya pasar China bakal berpengaruh terhadap arus pengiriman smartphone secara global. IDC memperkirakan akan ada penurunan 10,6 persen dalam volume pengiriman smartphone di dunia.

Sebagai catatan, bisnis di China praktis terhenti sejak terjadi percepatan penyebaran virus pada Januari lalu. Banyak perusahaan yang sedang berjuang untuk bisa kembali berjalan normal.

Pasalnya, ratusan juta penduduk China saat ini banyak yang tertahan di suatu wilayah lantaran ada kebijakan larangan bepergian oleh pemerintah untuk mengurangi risiko persebaran virus.

"Kekurangan komponen, penutupan pabrik, mandat karantina, logistik, dan pembatasan perjalanan akan menciptakan hambatan bagi vendor ponsel cerdas untuk memproduksi handset dan meluncurkan perangkat baru," kata analis IDC Sangeetika Srivastava dalam siaran pers.

Baca juga: Rupiah Terkapar, Ekonom: Kini Investor Yakin Corona Tak Mudah Diatasi

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X