Hindari Kepanikan, Ombudsman Minta Pemerintah Beri Informasi yang Jelas soal Corona

Kompas.com - 03/03/2020, 13:34 WIB
Ketua Ombudsman RI Amzulian Rifai saat ditemui di  di Kantor Kemenkopolhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (21/1/2020). KOMPAS.com/FIRDA ZAIMMATUL MUFARIKHAKetua Ombudsman RI Amzulian Rifai saat ditemui di di Kantor Kemenkopolhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (21/1/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Ombudsman RI meminta pemerintah untuk memberikan informasi yang jelas dan detail mengenai penyebaran virus corona ke masyarakat.

Ketua Ombudsman RI Amzulian Rifai mengatakan, saat ini banyak informasi bermunculan yang tidak diketahui kebenarannya terkait virus corona.

"Jadi informasi mana yang bisa kita pegang. Mungkin di HP kita masing-masing aja sekarang bersliweran informasi," katanya di Jakarta, Selasa (3/3/2020).

Baca juga: Imbas Corona, Penjual Jamu Keluhkan Meroketnya Harga Bahan Baku

Menurut dia, banyaknya informasi yang beredar saat ini justru menimbulkan kepanikan di masyarakat.

"Pemerintah mesti di depan memberikan informasi yang jelas," ujar dia.

Selain itu, Amzulian menyoroti informasi yang berbeda-beda terkait virus corona. Contoh saja, tentang penggunaan masker untuk mengantisipasi penyebaran virus.

"Ini menurut saya karena informasi. Oleh karena itu pemerintah harus berada dalam garda terdepan dalam soal informasi ini," tuturnya.

Ditemui di tempat yang sama, Anggota Ombudsman RI Ahmad Alamsyah Saragih menilai Kementerian Komunikasi dan Informatika perlu menjadi pihak utama yang mengenai penyebaran virus.

"Saya kira sesuai fungsi Government PR Kominfo perlu memberikan national briefing," katanya.

Baca juga: Redam Dampak Corona, Sri Mulyani Longgarkan Izin Impor Bahan Baku

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X