Tahun Ini, PLN Siapkan Rp 90 Triliun Bangun Infrastruktur Kelistrikan

Kompas.com - 04/03/2020, 10:31 WIB
Ilustrasi gardu PLN KOMPAS.com/ Bambang P. JatmikoIlustrasi gardu PLN
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PLN (Persero) menyatakan, dana belanja modal atau capital expenditure (capex) untuk tahun 2020 sebesar Rp 90 triliun.

Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini mengatakan, capex tersebut akan digunakan untuk membangun infrastruktur kelistrikan seperti, transmisi, distribusi dan juga tambahan pembangkit listrik.

"Yang sudah disetujui pemegang saham bahwa capex sekitar Rp 90 triliun. Mayoritas untuk transmisi, distribusi dan juga ada tambahan pembangkit," ujar dia di Jakarta, Rabu (4/3/2020).

Baca juga: Harga Emas Antam Melonjak Rp 12.000 Hari Ini, Cek Rinciannya

Berbagai instrumen pendanaan disiapkan perusahaan pelat merah tersebut, mulai dari kas internal hingga kemungkinan menerbitkan obligasi dan surat utang.

"Sumbernya dari mana saja, tentu ada dari perbankan. Maksud saya perbankan ini juga berkaitan dengan obligasi dan bond," katanya.

Zulkifli menambahkan, pihaknya bersama pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian akan melakukan pembahasan mengenai skema alternatif pembiayaan.

"Kalau dari kas internal saja kan tentu tidak cukup. Maka pemerintah mencari alternatif untuk pembiayaan investasi PLN ke depan," ujar dia.

Baca juga: Seberapa Penting Tes Psikotes Menentukan Kelulusan? Ini Kata Pakar HRD

Lebih lanjut, Zulkifli menjelaskan, perusahaan pelat merah tersebut rata-rata membutuhkan dana investasi sebesar Rp 100 triliun setiap tahunnya.

Maka, sampai dengan tahun 2024 ia memperkirakan kebutuhan dana investasi perseroan sebesar Rp 400 triliun.

"Kalau Rp 100 triliun per tahun, dikali empat saja (investasi hingga 2024). Kami cari alternatif pembiayaan investasi PLN ke depan," ucapnya.

Baca juga: Permintaan Hand Sanitizer Melonjak, Unilever: Harga Akhir Tergantung Retail

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X