Masih Terbebani Corona, IHSG Pagi Terpuruk di Zona Merah

Kompas.com - 23/03/2020, 09:31 WIB
Ilustrasi IHSG KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGIlustrasi IHSG

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali terperosok di zona merah awal perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) Senin (23/3/2020).

Melansir data RTI, pukul 09.07 WIB, IHSG langsung turun pada level 4.027,22 atau turun 167,72 (4 persen) dibanding penutupan akhir pekan lalu pada 4.194,94.

Sebanyak 39 saham melaju di zona hijau dan 204 saham merah. Sedangkan 52 saham lainnya stagnan. Adapun nilai transaksi hingga saat ini mencapai Rp 4,72 miliar dengan volume 385,1 juta saham.

Hal serupa juga terjadi pada mayoritas bursa saham regional.  Indeks Hang Seng Hongkong turun 4,35 persen, kemudian indeks Strait Times Singapura anjlok 7,45 persen, dan indek komposit Shanghai turun 2,60 persen.

Baca juga: Anjlok 15,5 Persen dalam Sepekan, Bagimana Proyeksi IHSG Pekan Depan ?

Kepala Riset MNC Securities Edwin Sebayang mengatakan, sentimen negatif masih menyelimuti IHSG.

“IHSG berpeluang kembali turun, di tengah secara valuasi banyak saham menjadi sudah semakin sangat attractive," sebut dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Bagi investor yang ingin membeli dia menyarankan untuk selektif dalam memilih saham.

"Kami merekomendasikan sangat selektif jika investor ingin melakukan Buy on Weakness. Dapat fokus atas saham super defensive dari sektor bank, konsumer, telko, FMCG, batubara, dan rokok dalam perdagangan Senin ini,” katanya.

Merahnya Wall Street di tengah semakin bertambahnya jumlah korban tewas secara global akibat Covid-19, serta melemahnya bursa regional menjadi penymbang sentimen negatif IHSG.

“Turunnya sebagian indeks Bursa Asia Senin pagi seperti ASX yang turun 7,16 persen, Kospi turun 6,23 persen, STI turun 6,5 persen juga berpotensi menjadi sentimen negatif bagi kejatuhan IHSG untuk hari ini,” tambahnya.

Baca juga: Berbagai Emiten Swasta akan Melakukan Buyback Saham, Ini Daftarnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.