Kompas.com - 31/03/2020, 20:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk melayani transfer uang pensiunan PT Taspen (Persero) pada April 2020.

Dengan demikian, penerima manfaat dana pensiun tidak perlu ke kantor untuk melakukan pencairan dana.

BTN telah berkoordinasi dengan Taspen untuk memudahkan pembayaran pensiunan Taspen bulan April 2020. Seluruh uang pensiun langsung masuk ke rekening penerima pensiun tanpa ada blokir.

Baca juga: Physical Distancing, Taspen Bayar Uang Pensiunan Melalui ATM

"Para peserta pensiunan juga tidak wajib melakukan otentikasi sehingga bagi mereka yang memiliki kartu ATM bisa langsung menarik dananya di ATM BTN atau ATM berlogo Link dimana saja di seluruh Indonesia,” kata Corporate Secretary BTN Ari Kurniaman dalam siaran persnya di Jakarta, Selasa (31/3/2020).

Sebagai informasi, biasanya penarikan dana pensiun banyak dilakukan di outlet bank secara langsung karena mewajibkan otentifikasi data nasabah.

Namun pada bulan April 2020, BTN dan Taspen turut mematuhi imbauan pemerintah untuk melakukan physical distancing atau jaga jarak dan mengurangi terjadinya kerumunan di satu lokasi.

Baca juga: Antisipasi Virus Corona, Taspen Luncurkan Layanan Lewat WhatsApp

Salah satu caranya dengan memanfaatkan layanan perbankan digital dan melakukan pengiriman dana langsung oleh bank tanpa perlu proses otentifikasi.

“Langkah ini justru sangat memudahkan nasabah dan prosesnya lebih cepat karena para nasabah penerima dana pensiun tidak perlu keluar rumah, naik transportasi umum menuju ke outlet, cukup di rumah saja, atau datang ke ATM BTN atau ATM berlogo Link terdekat, dana pensiun sudah langsung masuk ke rekening dan bisa diambil dengan mudah,” kata Ari.

Sementara yang belum memiliki kartu debit atau ATM BTN, dapat melakukan penarikan dana pensiun langsung di outlet BTN.

"Petugas kami juga siap melayani dengan protokol pelayanan yang sudah disiapkan," jelas Ari.

Baca juga: Taspen Life Sebut Mayoritas Milenial Belum Melek Pentingnya Asuransi

Nasabah peserta pensiunan juga dapat langsung mengecek dana tersebut lewat mobile banking atau internet banking BTN.

“Tanpa perlu keluar rumah, nasabah dapat mengakses layanan banking from home lewat aplikasi mobile banking, misalnya mengecek dana di rekening, mutasi rekening, membayar tagihan dan sebagainya,” ungkap Ari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.