IMF Sebut 100 Negara Sudah Ajukan Permintaan Dana Talangan

Kompas.com - 16/04/2020, 15:26 WIB
IMF shutterstock.comIMF
Penulis Mutia Fauzia
|

HONG KONG, KOMPAS.com - Separuh negara-negara di dunia disebut telah mengajukan bantuan bail out kepada Dana Moneter Internasional (IMF) untuk menghadapi risiko krisis keuangan yang disebabkan pandemi virus corona (Covid-19).

Dikutip dari CNN, Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva mengatakan, ada 100 negara di dunia yang telah mengajukan bantuan darurat kepada organisasi internasional tersebut.

Hal itu dia ungkapkan dalam pertemuan tingkat menteri keuangan dan gubernur bank sentral negara-negara anggota G20 pada Rabu (15/4/2020).

Baca juga: HGU Lahan di RUU Cipta Kerja Jadi 90 Tahun, Lebih Lama dari Aturan Zaman Kolonial

Georgieva mengatakan, IMF siap untuk menggelontorkan anggaran sebesar 1 triliun dollar AS untuk memberikan bantuan pinjaman. Dia pun menekankan, saat ini sudah ada 10 negara yang telah mendapatkan dana bantuan darurat, dan separuh dari sisa negara yang belum mendapatkan alokasi bantuan akan menerima dananya pada akhir April 2020.

Komentar Georgieva tersebut diungkapkan setelah IMF telah memberi peringatan mengenai resesi ekonomi global yang leboh parah dari Depresi Global pada tahun 1930-an. IMF mengatakan, pemerintah serta pembuat kebijakan di bidang kesehatan harus bekerja sama untuk menekan dampak virus corona yang jauh lebih buruk.

"Semuanya telah siap dan sesuai dengan kemampuan kami," ujar Georgieva.

Dia pun meminta bank sentral di seluruh dunia untuk menggelontorkan kemampuan mereka sebaik mungkin dengan catatan menjaga akuntabilitas dan transparansi dalam proses penanganan krisis.

Baca juga: Imbas Corona, Penjualan BBM Pertamina Terendah Sepanjang Sejarah

Halaman:


Sumber CNN
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X