Bank BTPN Syariah Beri Keringanan Pembiayaan, Ini Syaratnya

Kompas.com - 19/04/2020, 09:04 WIB
Ilustrasi kredit. SHUTTERSTOCKIlustrasi kredit.
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Bank BTPN Syariah (Persero) Tbk memberikan keringanan pembiayaan kepada nasabah Usaha Kecil Menengah (UKM).

Hal ini sesuai Peraturan Otoritas Jasa Jasa Keuangan (POJK) Nomor 11/POJK.03/2020 tentang stimulus perekonomian sebagai kebijakan Countercyclical.

Namun keringanan pembiayaan ini berlaku dengan syarat yakni debitur mengalami kesulitan membayar cicilan kepada bank akibat terdampak virus corona, termasuk juga debitur dalam ranah UKM.

Baca juga: Sambut Ramadhan, Simak Ragam Paket Parcel di Hypermart

Direktur Kepatuhan BTPN Syariah, Arief Ismail mengatakan saat ini Bank BTPN telah menerapkan kebijakan POJK tersebut kepada debitur yang mengalami kesulitan membayar cicilannya.

“Kami menyiapkan skema-skema keringanan yang disesuaikan dengan kondisi masing-masing nasabah salah satunya memperpanjang instalment,” kata Arief.

Arief juga menjelaskan, di masa pandemi ini, Bank BTPN Syariah tetap fokus melayani keluarga prasejahtera produktif. Hanya saja dengan karakter nasabah yang terbiasa dilayani oleh para petugas lapangan, maka pelayanan nasabah akan berbeda kala kondisi Covid-19.

Baca juga: IHSG Awal Pekan Diprediksi Menguat, Ini Faktor Pendorongnya

“Kami memberikan edukasi bagi nasabah yang memperoleh pembiayaan sehingga terbantu dalam menyelesaikan kewajibannya, termasuk jika ada kebutuhan untuk mendapatkan kelonggaran pembiayaan bank apabila usahanya terdampak Covid-19,” ujarnya.

Namun demikian, Arief memastikan Bank BTPN Syariah tetap melakukan pelayanan kebutuhan transaksi keuangan seperti tarik dan setor dana tunai untuk kebutuhan sehari-hari nasabah yang per Desember 2019 tercatat sebanyak 3,7 juta nasabah.

Baca juga: Besok, Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang II Dibuka

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X