Harga Minyak Dunia Capai Level Tertinggi dalam 10 Pekan Terakhir

Kompas.com - 21/05/2020, 07:47 WIB
Ilustrasi industri minyak dan gas (migas) THINKSTOCKS/KANOKE 46Ilustrasi industri minyak dan gas (migas)

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga minyak mentah dunia kembali ditutup menguat pada perdagangan sesi Rabu (20/5/2020) waktu setempat.

Harga minyak mentah dunia berhasil menguat ke level tertinggi dalam kurun waktu 10 pekan terakhir.

Dikutip dari MarketWatch, Kamis (21/5/2020), harga minyak mentah jenis West Texas Intermediate (WTI) pengiriman Juli 2020 naik 1,53 dollar AS atau 4,8 persen ke level 33,49 dollar AS per barel.

Baca juga: Harga Minyak Mentah AS Kembali Menguat, Ini Penyebabnya

Hal serupa juga dialami harga minyak mentah acuan global, Brent pengiriman Juli menguat 1,1 dollar AS atau setara 3,2 persen ke level 35,75 dollar AS per barel.

Penguatan ini didorong oleh hilangnya kekhawatiran pasar terhadap penuhnya kapasitas penyimpanan minyak mentah dunia.

Pasalnya, Badan Administrasi Informasi Energi Amerika Serikat melaporkan, pasokan minyak di kilang menurun hingga 5 juta barel selama sepekan yang berakhir pada 15 Mei 2020.

Realisasi tersebut mematahkan berbagai proyeksi pasar, yang menyebutkan pasokan minyak di kilang justru akan naik 2,4 hingga 4,8 juta barel.

"Secara keseluruhan, kilang penyimpanan tidak terisi secepat yang diharapkan, dengan pemotongan produksi yang lebih curam menyeimbangkan kebutuhan pasar," ujar Analis Pasar Energi IHS Markit, Marshall Steeves.

Baca juga: Lockdown Dilonggarkan, Harga Minyak Dunia Naik Sentuh Level Tertinggi 2 Bulan

Selain itu, pemangkasan produksi juga berhasil mendongkrak harga minyak mentah di pasar global.

Langkah Organisasi Negara Pengekspor Minyak bersama mitra ( OPEC+) untuk memangkas produksi sebesar 9,7 juta barel per hari sejak 1 Mei 2020, dinilai berhasil mendongkrak harga minyak di tengah melemahnya permintaan akibat lockdown berbagai negara.

Kemudian, AS juga dilaporkan mengalami pelemahan produksi hingga 100.000 barel menjadi 11,5 juta barel per hari pada pekan lalu.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X