Debat dengan Dosen Senior UI, Luhut: Analisis yang Cukup Hebat...

Kompas.com - 11/06/2020, 20:52 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan berdiskusi bersama Dosen Universitas Indonesia Djamester Simarmata, di Jakarta, Kamis (11/6/2020). Dokumentasi Humas Kemenko Kemaritiman dan InvestasiMenteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan berdiskusi bersama Dosen Universitas Indonesia Djamester Simarmata, di Jakarta, Kamis (11/6/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memuji dosen senior Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI) Djamester Simarmata terkait pandangannya soal utang Indonesia. 

Hal itu ia sampaikan setelah berdikusi terkait tantangan perekonomian Indonesia dengan Djamester di Kantor Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Jakarta, Kamis (11/6/2020).

"Pak Djamester memberikan analisis yang cukup hebat tentang utang Indonesia,"  tulis Luhut di akun resmi Instagram pribadinya @luhut.pandjaitan, Kamis.

Baca juga: Iuran Naik, 2,3 Juta Peserta BPJS Kesehatan Turun Kelas

Dalam diskusi itu, Luhut mengungkapkan terjadi perdebatan dengan Djamester. Namun mantan Komandan Khusus Satgas Tempur Kopassus itu menilai hal itu sebagai hal yang biasa.

Ia justru mengaku senang bisa berdiskusi dengan dosen senior UI tersebut.

"Jika ada perdebatan di dalam teori itu hal yang lumrah. Saya senang sekali bisa berdiskusi dan beradu argumentasi secara ilmiah seperti ini, bukan debat kusir yang tidak jelas titik temunya di mana. Apalagi sampai harus menyiapkan promotor seperti ajang tinju saja," kata Luhut.

Bagi Luhut, tak ada yang menang dan kalah dalam adu argumentasi dengan Djamester. Justru dari diskusi itu, Luhut mengungapkan ada satu titik temu.

Baca juga: Jubir Luhut soal Debat Utang Negara: Jangan Dibawa ke Urusan Politik

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X