Cerita Ridwan Kamil, Hobi Urban Farming dan Raih Penghargaan Google

Kompas.com - 18/06/2020, 19:26 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengenakan rompi Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Jabar saat meninjau pembuatan rapid tes beberapa waktu lalu. Humas Pemprov JabarGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengenakan rompi Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Jabar saat meninjau pembuatan rapid tes beberapa waktu lalu.

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berbagi cerita tentang hobinya menanam hingga mendapatkan penghargaan dari Google.

Baginya, menanam mengandung 3 unsur sekaligus yang disebut 3E, ekologi, ekonomi, dan edukasi.

Dia bercerita, hobinya menggeluti dunia hidroponik bermula di tahun 2008, saat belum menjadi walikota dan gubernur.

Baca juga: Memanen Untung dari Sayur Hidroponik, Bisnis yang Kebal dari Covid-19

Dia merekrut orang-orang untuk ikut turut dalam aksinya. Konsep urban farming dicuitkannya melalui Twitter dan media sosial.

"Jadi kita kumpul, cari lahan, kita konversi. Bisa enggak kira-kira lahan ini kita jadikan ada nilai ekologi? Menghijaukan yang bisa dihijaukan, hijaunya bisa dijual atau menghemat biaya makan, dan ada nilai edukasinya," kata Emil, panggilan akrabnya, dalam Marketeers Hangout, Kamis (18/6/2020).

Membesar, gerakan itu dinamainya Indonesia Berkebun. Telah ada puluhan bahkan ratusan kota yang bergabung dalam gerakan tersebut.

Perjalanan ini dimonitor oleh Google sehingga mendapat penghargaan karena dianggap menggunakan teknologi secara bijak.

"Google memberikan pengehargaan kepada kita karena dianggap menggunakan teknologi untuk kebaikan. Google buatkan video profesional," ujar Emil.

Baca juga: WFH Ala Jonan: Bertani Sayur Mayur Hidroponik di Rumah

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X