Food Estate di Kalteng Siap Diuji Coba Oktober 2020

Kompas.com - 03/07/2020, 18:32 WIB
Ilustrasi sawah Dok. Humas KementanIlustrasi sawah

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menargetkan proyek Food Estate atau lumbung pangan nasional yang berada di Kalimantan Tengah (Kalteng) diuji coba pada musim tanam Oktober 2020-Maret 2021.

Lahan seluas 28.000 hektare (ha) itu akan digunakan pada tahap awal pengembangan. Padi akan menjadi tanaman pertama dalam uji coba ini.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan, pihaknya fokus pada perbaikan irigasi di lahan persawahan tersebut. Sehingga diharapkan perbaikan irigasi pada 28.000 ha sawah bisa segera rampung.

"Sekarang irigasinya ada yang sudah jadi, ada yang baru mulai, yang penting di musim tanam Oktober 2020-Maret 2021 nanti Kementerian Pertanian sudah bisa masuk untuk mulai tanam,” kata Basuki dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (3/7/2020).

Baca juga: Ada Aplikasi Warung Pangan, Apa Kegunaannya?

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menambahkan, setelah pengerjaan irigasi rampung pihaknya akan fokus pada penyediaan bibit, pupuk, sarana prasarana pertanian, dan petani yang menggarapnya.

Menurutnya, Food Estate tidak hanya menggunakan cara pertanian tradisional, tetapi juga ada intervensi mekanisme. Sehingga tidak hanya sebatas sampai tahap panen, melainkan pengolahan hingga menjadi produk yang siap di pasarkan.

"Akan ada intervensi rice milling unit atau penggilingan, pengeringan, hingga packaging. Jadi kita berharap masyarakat tidak hanya jual gabah, tapi suda packaging beras,” kata dia.

Syahrul juga mengatakan, pada lumbung pangan ini tidak hanya padi yang akan ditanam. Dalam pengembangannya juga akan ditanam produk-produk seperti sayuran, buah, bahkan akan ada peternakan.

"Nanti tidak hanya untuk padi, tapi juga sayuran, buah-buahan, dan peternakan, kita akan masukkan," pungkasnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X