Catat Rekor Tertinggi, Kekayaan Jeff Bezos Tembus Rp 2.917 Triliun

Kompas.com - 19/08/2020, 16:49 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Kekayaan CEO dan pendiri Amazon sekaligus orang terkaya di dunia Jeff Bezos mencapai rekor tertinggi sepanjang masa pada Selasa (18/8/2020) waktu setempat.

Dikutip dari Forbes, Rabu (19/8/2020), kekayaan Bezos mencapai rekor tertinggi sepanjang sejarah pencatatan kekayaan para miliarder selama hampir 40 tahun, yakni 197,8 miliar dollar AS atau setara sekira Rp 2.917,5 triliun (kurs Rp 14.750 per dollar AS).

Kenaikan kekayaan Bezos disumbang melesatnya saham Amazon. Pada perdagangan Selasa, saham Amazon merupakan saham berkinerja terbaik pada indeks S&P 500 dan menguat 4,1 persen.

Baca juga: Kesulitan Saat Harus Ambil Keputusan? Ini Saran dari Jeff Bezos

Dengan demikian, kapitalisasi pasar Amazon mencapai 1,66 triliun dollar AS. Bezos sendiri memiliki 11,1 persen saham Amazon dan kekayaannya bertambah 7,2 miliar dollar AS atau setara sekira Rp 106 triliun.

Sejalan dengan menguatnya saham Amazon dalam beberapa bulan terakhir, maka jarak kekayaan Bezos dan Bill Gates kian bertambah mencapai 83,8 miliar dollar AS.

Perbedaan antara kekayaan Bezos dan Gates tersebut hampir setara kekayaan CEO Tesla Elon Musk.

Sebelumnya, beberapa waktu lalu Bezos sempat menjual saham Amazon yang dimilikinya. Pada Februari 2020, Bezos melepas saham Amazon senilai 1,7 miliar dollar AS.

Baca juga: Jeff Bezos Jual Sahamnya di Amazon Rp 44,95 Triliun, Untuk Apa?

Kemudian pada awal Agustus 2020, ia kembali melego saham Amazon senilai 3,1 miliar dollar AS.

Adapun dalam dokumen yang diserahkan kepada Komisi Sekuritas dan Bursa Efek AS dipaparkan, Bezos pada bulan sama melepas saham Amazon senilai 9,3 juta dollar AS untuk sebuah lembaga nirlaba.

Kekayaan mantan istri Bezos, MacKenzie Scott, juga melonjak. Pascaperceraiannya dengan Bezos, Scott menerima seperempat kepemilikan saham Amazon.

Kekayaan Scott bertambah menjadi 62,7 miliar dollar AS atau setara sekira Rp 924,6 triliun. Ia merupakan perempuan terkaya ketiga di dunia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Forbes


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.