Gandeng Kemenkop UKM, Grab Ingin Perluas Akses UMKM ke Ranah Digital

Kompas.com - 01/09/2020, 17:50 WIB
Jumpa pers kolaborasi Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia (KemenkopUKM), Selasa (1/9/2020). (Tangkapan Layar) KOMPAS.com/ELSA CATRIANAJumpa pers kolaborasi Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia (KemenkopUKM), Selasa (1/9/2020). (Tangkapan Layar)

JAKARTA, KOMPAS.com - Grab bersama dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia (KemenkopUKM) berkolaborasi untuk mendukung perluasan digitalisasi serta peluang ekonomi bagi UMKM di Indonesia, terutama yang terkena dampak pandemi Covid-19.

Kemitraan ini merupakan lanjutan dari program #TerusUsaha sebagai komitmen Grab untuk memanfaatkan teknologi dan informasi yang dimiliki, guna memberi pelatihan dan pembinaan berbasis digital kepada UMKM Indonesia, agar terus berkembang dan bersaing di ekosistem ekonomi digital.

Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi menyatakan dalam kerja sama ini Grab akan memberikan akses terhadap pelatihan untuk peningkatan keterampilan UMKM dan dukungan program pendaftaran, serta menjadi jembatan antar-pelaku UMKM, guna menciptakan kesempatan kerja sama yang lebih luas.

Baca juga: Menkop Sarankan UMKM Peternak Unggas untuk Berkoperasi

“Dari awal didirikan, Grab telah berkomitmen untuk memberdayakan dan mendigitalisasi lebih banyak UMKM di Indonesia. Melalui misi GrabForGood dan program #TerusUsaha yang telah kami luncurkan, kami berkomitmen untuk memastikan teknologi kami dapat membawa dampak positif bagi jutaan orang di Indonesia," ujarnya dalam jumpa pers virtual, Selasa (1/9/2020).

Melalui kerja sama dengan KemenkopUKM ini, Grab akan memberikan perluasan akses digital dan kepada jutaan UMKM tradisional di Indonesia agar mereka bisa terus bertahan di masa yang sulit ini.

Dia pun membeberkan kerja sama antara Grab dengan KemenkopUKM ini akan meliputi dukungan akses terhadap pelatihan untuk peningkatan keterampilan UMKM Indonesia, dukungan program pendaftaran UMKM ke dalam ekosistem digital untuk mempercepat transformasi digital pelaku usaha di Indonesia.

Lainnya adalah dukungan untuk menjembatani antara pelaku UMKM untuk menciptakan kesempatan kerja sama yang lebih luas dalam mengembangkan bisnis mereka, serta dukungan promosi untuk para UMKM dalam berbagai kegiatan yang akan dilakukan oleh Grab Indonesia.

"Kami akan terus berinovasi dalam menyediakan dan menciptakan lebih banyak lagi peluang ekonomi untuk jutaan UMKM di Indonesia," ungkapnya.

Sementara itu Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik indonesia, Teten Masduki turut menyampaikan apresiasinya kepada Grab yang telah membantu UMKM untuk bertumbuh di tengah pandemi ini.

"Kami sangat mengapresiasi upaya-upaya yang dilakukan oleh pihak swasta termasuk Grab Indonesia yang terus berkomitmen dalam mendukung percepatan transformasi digital para UMKM. Kami harap ini juga bisa menjadi batu loncatan bagi bisnis mereka sehingga mereka dapat beradaptasi dan berkembang dalam era ekonomi digital," katanya.

Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X