3 Tips Mengembangkan Usaha Saat Pandemi Covid-19

Kompas.com - 16/10/2020, 20:34 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sektor UMKM adalah salah satu sektor yang benar-benar terpukul sejak terjadinya pandemi Covid-19.

Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) mencatat per Agustus 2020, ada sebanyak 300.000 lebih para pengusaha yang melaporkan usahanya terperosok lantaran pandemi.

Menurut Marketing Manager Steak 21 Lilis Musliawati, setidaknya ada 3 cara yang bisa dilakukan oleh para pelaku usaha untuk mengembangkan usahanya selama pandemi.

"Pertama adalah selalu berpikiran terbuka. Dalam menggeluti sebuah usaha, kita ditantang untuk terus beradaptasi untuk menyesuaikan diri dengan kebutuhan masyarakat," ujarnya melalui siaran pers, Jumat (16/10/2020).

Baca juga: Ini Tips dari Bos Tokopedia untuk UMKM agar Bertahan Selama Pandemi

Menurut dia, memiliki pikiran yang terbuka untuk terus maju sangat penting dilakukan untuk terus berinovasi dalam situasi yang sulit, khususnya selama pandemi Covid-19.

Kedua, melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak. Misalnya kolaborasi dengan platform digital yang bisa memberikan nilai tambah bagi usaha.

Ketiga, mengandalkan kualitas produk dan layanan. Dia bilang dengan terus menyajikan produk yang berkualitas untuk pelanggan, termasuk pelayanan yang memuaskan dan terpercaya, bisa menggaet lebih banyak antusias masyarakat.

Apalagi bagi pelaku usaha yang memiliki merchant harus memperhatikan semua protokol kesehatan di gerai, agar tetap aman bagi para pelanggan dan karyawan.

"Kami percaya dengan memberikan layanan yang terbaik bisa mendapatkan perhatian pelanggan kami yang lebih lagi," kata dia.

Baca juga: Terimbas Covid-19, Ini 3 Tips untuk Pengusaha Kopi agar Bisnis Tumbuh



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X