Meroket 197 Persen, Laba Amazon Kuartal III 2020 Tembus Rp 92 Triliun

Kompas.com - 30/10/2020, 12:38 WIB
Ilustrasi logo Amazon. TheVergeIlustrasi logo Amazon.

NEW YORK, KOMPAS.com - Perusahaan e-commerce asal Amerika Serikat, Amazon, membukukan peningkatan penjualan dan pendapatan bersih atau profit secara signifikan pada kuartal III-2020, seiring munculnya transisi pola belanja menuju digital selama pandemi Covid-19 merebak.

Dikutip dari CNN, Jumat (30/10/2020), Amazon melaporkan penjualan pada periode Juli hingga September 2020 mengalami peningkatan sebesar 37 persen dibanding periode yang sama tahun lalu menjadi 96,1 miliar dollar AS atau setara Rp 1.407 triliun (asumsi kurs Rp 14.650 per dollar AS).

Meroketnya penjualan perusahaan yang didirikan Jeff Bezos itu pun mendongkrak laba  Amazon sebesar 197 persen menjadi 6,3 miliar dollar AS atau setara Rp 92,3 triliun.

Baca juga: Kian Kaya di Tengah Pandemi, Jeff Bezos Jadi Orang Pertama di Dunia yang Hartanya Tembus Rp 2.940 Triliun

Realisasi tersebut ditopang oleh tumbuhnya penjualan produk dan jasa berbagai segmen Amazon. Penjualan produk melalui platform digital saja meningkat sebesar 38 persen.

Kemudian, penjualan produk Amazon melalui pihak ketiga mengalami pertumbuhan sebesar 55 persen.

Pendapatan dari Amazon Web Sevices, perusahaan anak yang fokus pada jasa penyimpanan data berbasis cloud, yang juga memiliki porsi terbesar terhadap pendapatan perusahaan tumbuh 29 persen.

Sementara itu, penjualan Amazon melalui toko fisik, mengalami penurunan 10 persen layaknya toko ritel pada umumnya.

"Tidak dapat dipungkiri, hasil kinerja tersebut menunjukan bahwa Amazon kembali menunjukan dirinya sebagai pemenang dari disrupsi yang diakibatkan pandemi," ukar analis GlobalData, Neil Saunders, dikutip Jumat.

Pada kuartal terakhir tahun ini, Amazon memproyeksikan penjualan berada di level 112 miliar hingga 121 miliar dollar AS dan dapat mengantungin pendapatan sekitar 1 miliar hingga 4,5 miliar dollar AS.

Baca juga: Mau Kerja di Amazon? Ini Kisi-kisi Pertanyaan Kunci Wawancaranya



Sumber CNN
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X