Terhantam Corona, Produsen Masker N95 Ini PHK 2.900 Pekerja

Kompas.com - 04/12/2020, 07:30 WIB
Ilustrasi masker N95. Salah satu APD penting bagi petugas kesehatan yang menangani pasien Covid-19 selama pandemi virus corona. SHUTTERSTOCK/MaridavIlustrasi masker N95. Salah satu APD penting bagi petugas kesehatan yang menangani pasien Covid-19 selama pandemi virus corona.

NEW YORK, KOMPAS.com - Perusahaan produsen beragam perangkat industri, salah satunya masker N95, 3M Co melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 3 presen karyawannya di seluruh dunia.

Dilansir dari CNN, Jumat (4/12/2020) jumlah tersebut setara dengan sekitar 2.900 pekerja lantaran perusahaan tengah melanjutkan rencana restrukturisasi.

Dalam keterangan tertulis, CEO 3M Mike Roman mengatakan PHK dan rencana restrukturisasi merupakan dampak dari pandemi Covid-19.

Baca juga: Indonesia CARE Ajak Korban PHK Jadi Enterpreuner Ikan Hias

"Pandemi telah mempercepat proses perubahan dan mendisrupsi pasar di seluruh dunia, hal itu membuat perusahaan harus beradaptasi lebih cepat," ujar dia.

PHK karyawan bakal dilakukan di hampir seluruh unit usaha perusahaan tersebut. Dengan demikian, 3M diperkirakan bakal mencatatkan penghematan sebelum pajak hingga 300 juta dollar AS.

3M mengatakan bakal menggeser fokus serta investasi perusahaan dari pasar-pasar yang pertumbuhannya lamban ke yang lebih kuat, seperti untuk layanan kesehatan dan e-commerce.

Baca juga: Menperin Putar Otak Cegah PHK Bertambah di Sektor Industri

Untuk diketahui, 3M merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi masker N95 yang cukup dicari di tengah pandemi. Perusahaan pun sempat terseok untuk bisa memenuhi kebutuhan pasar. Penjualan di sektor layanan kesehatan meripa melonjak hingga 25 persen.

Namun demikian, 3M sebelumnya juga sempat melakukan PHK untuk 1.500 karyawan mereka di Januari lantaran perusahaan berada dalam kondisi susah payah akibat perang dagang antara China dan Amerika Serikat.

Harga saham 3M merupakan salah satu yang berkinerja buruk di dalam indeks Dow Jones tahun lalu.



Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X