Menko Airlangga: Sudah 34 Persen Tenaga Medis Dapat Vaksin Covid-19

Kompas.com - 31/01/2021, 19:08 WIB
Petugas medis menyuntikkan vaksin COVID-19 Sinovac tahap kedua kepada tenaga medis di Puskesmas Setiabudi, Jakarta, Kamis (28/1/2021). Vaksinasi tahap kedua dilakukan 14 hari setelah tahap pertama selesai dan ditargetkan selesai pada 14 Febuari 2021 mendatang. ANTARA FOTO/Reno Esnir/rwa. *** Local Caption ***   ANTARA FOTO/RENO ESNIRPetugas medis menyuntikkan vaksin COVID-19 Sinovac tahap kedua kepada tenaga medis di Puskesmas Setiabudi, Jakarta, Kamis (28/1/2021). Vaksinasi tahap kedua dilakukan 14 hari setelah tahap pertama selesai dan ditargetkan selesai pada 14 Febuari 2021 mendatang. ANTARA FOTO/Reno Esnir/rwa. *** Local Caption ***

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan terdapat 594.409 tenaga kesehatan sudah mendapat vaksinasi Covid-19 hingga hari ini, Minggu (31/1/2021).

Jumlah tersebut setara dengan 34 persen dari target vaksinasi Covid-19 untuk tenaga medis.

"Dari kegiatan vaksinasi tersebut, yang sudah tervaksin sampai hari ini sebanyak 594.409 tenaga kesehatan, ini sekitar 34 persen dari total target sasaran," kata Airlangga saat berdiskusi dengan Universitas Gadjah Mada secara virtual, Minggu (31/1/2021).

Baca juga: BPOM Minta Tempat Penyimpanan Vaksin Covid-19 Miliki Hal Ini

Airlangga mengatakan, jumlah yang mendapat vaksin tersebut diharapkan terus meningkat hingga pemerintah bisa memberikan vaksin kepada 1 juta masyarakat per hari. Tentu saja hal ini bisa dilakukan dengan jumlah vaksinator yang cukup.

Adapun saat ini, terdapat 30.000 vaksinator dan 8.000 rumah sakit yang siap melakukan vaksinasi.

"Vaksinasi dianggap sebagai upaya game changer. Modal Indonesia adalah kita punya vaksinator yang cukup besar, kita punya RS yang dimiliki pemerintah, tentu kita berharap dengan jumlah vaksinator yang cukup, kita bisa lakukan vaksinasi sekitar 1 juta per hari," ujar dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lebih lanjut dia menyebut, pemberian vaksin untuk tenaga medis yang berjumlah 1,3 juta akan berlangsung pada Januari-Februari 2021.

Setelah vaksinasi untuk petugas medis rampung, pemerintah akan menyasar petugas publik yang sekitar 17,4 juta.

Baca juga: Bio Farma: 4 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Siap Didistribusi pada Februari 2021

"Lalu diikuti lansia dan masyarakat rentan yang jumlahnya 63,9 juta, dan masyarakat lainnya. Program ini didorong agar bisa dilaksanakan di periode tahun 2021," ujarnya.

Adapun untuk mendorong vaksin lebih efektif, pemerintah mengupayakan pengadaan vaksin dari dalam negeri, yang diberinama Vaksin Merah Putih. Saat ini, sudah ada 6 kandidat penguji vaksin yang terdiri dari lembaga ilmu pengetahuan dan universitas.

Keenam kandidat tersebut, antara lain Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Institut Teknologi Bandung, Universitas Airlangga, Universitas Indonesia, dan oleh Universitas Gadjah Mada.

"Dan ditargetkan di semester II (Vaksin Merah Putih) sudah bisa masuk clinical trial, sehingga sebagian dari produksi nasional bisa digunakan," pungkas Airlangga.

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.