Bank Syariah Indonesia Mulai Beroperasi Hari Ini

Kompas.com - 01/02/2021, 14:19 WIB
Penandatanganan Akta Penggabungan 3 Bank Syariah BUMN KOMPAS.com/FIKA NURUL ULYAPenandatanganan Akta Penggabungan 3 Bank Syariah BUMN

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Bank Syariah Indonesia, Hery Gunardi menyampaikan, Bank Syariah Indonesia (BSI) sudah resmi beroperasi mulai hari ini, Senin, (1/2/2021).

Pernyataan itu dia sampaikan di depan Presiden RI Joko Widodo dalam launching BSI di Istana Negara. Hal itu juga menjadi tanda bahwa tiga bank syariah BUMN, yakni BRI Syariah, BNI Syariah, dan Bank Mandiri Syariah resmi bergabung (merger).

"Alhamdulillah hari ini bank hasil penggabungan telah beroperasi dengan nama PT Bank Syariah Indonesia Tbk. Ini menjadi representasi Indonesia," kata Hery dalam launching BSI secara virtual.

Baca juga: Bank Syariah Indonesia Resmi Beroperasi Hari Ini, Bagaimana Prospek ke Depan?

Hery mengaku siap membawa BSI menuju 10 bank besar di seluruh dunia dalam 5 tahun ke depan.

"Kami sadar bukan hanya dari penggabungan, tapi kami perlu transformasi, perbaikan proses bisnis, penguatan manajemen, digital, dan sumber daya insani. BSI berkomitmen untuk menjadi bank yang melayani masyarakat," pungkas dia.

Sebagai informasi, BSI merupakan nama baru dari BRI Syariah sebagai bank yang menerima penggabungan (survivor entity).

Adapun komposisi pemegang saham terbesar jatuh kepada PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dengan porsi 51,2 persen saham. Diikuti oleh PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BNI) 25,0 persen, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) 17,4 persen, DPLK BRI - Saham Syariah 2 persen, dan publik 4,4 persen.

Struktur pemegang saham tersebut berdasarkan perhitungan valuasi dari masing-masing bank peserta penggabungan.

Baca juga: BSI Bakal Diresmikan Siang Ini, Simak Kinerja 3 Bank Syariah BUMN Jelang Merger

BSI memiliki aset mencapai Rp 240 triliun dengan modal inti lebih dari Rp 22,6 triliun.

Jumlah aset dan modal inti tersebut menempatkan Bank Hasil Penggabungan dalam daftar 7 besar bank terbesar di Indonesia dari sisi aset.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X