Airlangga Sebut Pemulihan Ekonomi Sudah di Jalur yang Tepat, Ini Indikatornya

Kompas.com - 08/02/2021, 12:53 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menjawab pertanyaan wartawan terkait peluncuran situs resmi Kartu Prakerja di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (20/3/2020). ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDIMenko Perekonomian Airlangga Hartarto menjawab pertanyaan wartawan terkait peluncuran situs resmi Kartu Prakerja di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (20/3/2020).
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menyatakan tren pemulihan ekonomi nasional sudah mulai terlihat dan berjalan di jalur yang tepat. Hal tersebut terefleksikan dari sejumlah indikator perekonomian dalam negeri.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, salah satu indikator utama pemulihan ekonomi ialah mulai membaiknya realisasi pertumbuhan konsumsi rumah tangga.

Meskipun pada kuartal IV-2020, konsumsi rumah tangga tumbuh minus 3,61 persen, realisasi ini sudah lebih baik dari kuartal II dan III yang masing masing minus5,52 persen dan 4,05 persen.

"Ekonomi kita didominasi oleh konsumsi rumah tangga dan sekarang mulai menunjukan tren perbaikan," ujar Airlangga, dalam gelaran Indonesia Economic Outlook 2021, Senin (8/2/2021).

Baca juga: Belum Boleh Salurkan KUR, Pegadaian: Buat Kami Agak Nyesek


Indikator lain yang disoroti oleh Airlangga ialah purchasing managers index (PMI) manufaktur Indonesia yang terus melanjutkan pertumbuhan. Pada Januari 2021, PMI manufaktur Indonesia berada di level 52,2, tertinggi selama 6,5 tahun terakhir.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Indeks kepercayaan konsumen juga tumbuh," kata dia.

Kemudian, penyaluran kredit bisnis yang disebut Airlangga mulai membaik juga menandakan perekonomian Indonesia mulai membaik.

Bukan hanya itu, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang saat ini sudah berada di atas 6.000 dan juga kurs rupiah stabil di rentang Rp 14.000, dinilai menunjukan upaya pemulihan ekonomi sudah berada di jalur yang tepat.

"Berdasarkan pertumbuhan-pertumbuhan ini, bisa dilihat pemulihan ekonomi Indonesia sudah dalam jalur yang benar," ucapnya.

Baca juga: JK Prediksi Kasus Covid-19 di RI Capai 2 Juta pada April 2021

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.