Grab Gandeng Yummy Corp untuk Tingkatkan Kapasitas Pelaku Usaha Kuliner di Indonesia

Kompas.com - 08/02/2021, 15:27 WIB
Ilustrasi layanan transportasi Grab for Business (Dok. Grab) Ilustrasi layanan transportasi Grab for Business (Dok. Grab)

JAKARTA, KOMPAS.com - Grab resmi menjalin kerja sama dengan Yummy Corp untuk memberdayakan para pelaku usaha kuliner agar dapat berkembang dan memperluas bisnisnya di Indonesia.

Kerja sama ini ditujukan untuk memberi dukungan bagi pelaku usaha kuliner untuk membuka restoran virtual di lebih dari 80 lokasi cloud kitchen yang dioperasikan oleh kedua perusahaan.

Selain itu, kolaborasi ini bertujuan untuk mendukung pelaku usaha kuliner dalam menciptakan konsep makanan baru yang dapat ditawarkan di platform GrabFood.

Baca juga: Biaya Tes GeNose: Bayar Rp 20 Ribu di Stasiun, Gratis di Terminal Bus

"Kerja sama kami dengan Yummy Corp tidak hanya membantu kami mendukung ekspansi bisnis kuliner secara lebih komprehensif, tetapi juga membuka lebih banyak peluang bagi para pelaku usaha untuk menguji menu dan konsep baru agar tetap menjadi yang terdepan,” ujar Country Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi dalam jumpa pers virtual, Senin (8/2/2021).

Dengan menyatukan keunggulan layanan pengantaran makanan yang dimiliki oleh GrabFood dan manajemen operasional makanan yang dimiliki oleh Yummy Corp, para pelaku usaha kuliner dapat mengakses dukungan dari kedua perusahaan untuk merintis dan meluncurkan merek delivery-only di platform GrabFood.

Selain itu, kerja sama ini juga akan memperluas cakupan layanan untuk mitra merchant yang ditawarkan oleh kedua perusahaan yang kini mencakup pencarian dan pemilihan lokasi, operasional dapur, desain menu dan produksi makanan, pemasaran dan pengantaran, dan masih banyak lagi.

“Kami melihat peningkatan signifikan pada jumlah mitra merchant yang aktif di GrabFood pada bulan Desember 2020 dibandingkan dengan Januari 2020. Membawa bisnis-bisnis kuliner ini ke dalam platform kami merupakan langkah pertama. Kami juga ingin membantu mereka untuk mengembangkan dan mengakses kapabilitas digital agar mereka bisa berkembang di dalam ekosistem ekonomi digital," ungkapnya.

Sementara itu, CEO of Yummy Corp Mario Suntanu mengatakan, kerjasama yang dilakukan ini bertujuan untuk mendukung transformasi digital para pelaku usaha. 

Baca juga: Daftar 5 Menteri Jokowi Paling Kaya Saat Ini

Caranya, dengan menyediakan perangkat dan layanan yang diperlukan bagi para mitra merchant serta program-program pelatihan lainnya.

Kerja sama ini mencakup 3 hal utama, yaitu menyediakan Ekspansi cloud kitchen dan restoran virtual, membawa para mitra merchant Yummy Corp ke dalam platform GrabFood, dan mendorong inovasi di industri kuliner Indonesia.

"Untuk ekspansi cloud kitchen dan restoran virtual, kami berencana untuk menyediakan lebih banyak cloud kitchen di Indonesia. Lalu dengan kerjasama ini mitra merchant kami akan memiliki akses ke fitur-fitur Grab seperti ‘pesan sekaligus’ dimana pelanggan dapat memesan dari beberapa merchant dalam satu kali pemesanan, sementara untuk mendorong inovasi di industri kuliner Indonesia kami akan mendukung perkembangan industri kuliner melalui kolaborasi dengan brand dan chef," jelas dia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X