Kompas.com - 02/03/2021, 12:41 WIB
Ilustrasi artisteerIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobile Marketing Association (MMA) Indonesia mendorong para marketer dan agency untuk merancang kampanye brand yang khusus saat momentum Ramadhan. Tujuannya agar dapat mencapai target market dengan cara terbaik.

Hal itu menjadi fokus pembahasan dalam acara tahunan Ramadan Insights 2021. Adapun MMA merupakan asosiasi pemasaran mobile perdagangan nirlaba global yang menyatukan seluruh ekosistem perusahaan pemasar, marketing technology, dan media yang saling terlibat.

MMA Indonesia Board Member yang sekaligus Vice President of Tokopedia, Kevin Mintaraga mengatakan, pada periode Ramadhan tahun lalu, pandemi Covid-19 ternyata tak menyurutkan semangat masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhan dan berbagi kebaikan dari rumah.

Baca juga: Merek Harus Dilesensikan, Mengapa?

Hal itu setidaknya tercermin dari jumlah pengguna fitur Al  Quran digital dan jumlah Zakat Mal yang terkumpul di Tokopedia mengalami lonjakan signifikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

"Masyarakat juga menemukan cara baru untuk mengirimkan hadiah dan parsel kepada keluarga mereka di seluruh Indonesia secara online," ujar dia dalam keterangan tertulis, dikutip Selasa (2/3/2021).

Berkaca dari kondisi tahun lalu, Kevin meyakini, selama periode Ramadhan tahun ini yang berlangsung sepanjang 12 April-12 Mei 2021, pola konsumen yang unik tersebut akan berlanjut. Lantaran, pandemi masih berlangsung tahun ini.

"Di tahun ini, kami percaya tren serupa akan terus berlanjut dan perayaan Ramadhan tetap dapat dijalankan dengan baik lewat dukungan teknologi,” katanya.

Di sisi lain, para petinggi perusahaan lainnya turut membagikan pandangan mereka terkait upaya mendorong pemasaran di momentum Ramadhan.

Di antaranya, Global Category Head Biscuit & Wafer PT Mayora Indah Tbk, Endang Putri mengatakan, brand perlu mengarahkan konsumen di setiap tahap momen Ramadan, untuk membawa nilai dan mencari cara guna membuat hidup konsumen menjadi lebih mudah.

Sementara Country Head Indonesia Twitter Dwi Adriansah menilai, pemilik brand perlu memanfaatkan brand voice mereka dengan menampilkan fitur produk utama dan promo Ramadhan dalam sebuah kreatif yang menunjukkan sebuah solusi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X