Ada Reshuffle Kabinet, Siapa yang Bakal Jadi Menteri Investasi?

Kompas.com - 16/04/2021, 17:31 WIB
Kantor BKPM Jakarta ptsp.bkpm.go.idKantor BKPM Jakarta

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana dalam waktu dekat ini akan merombak kembali para menterinya. Ditambah lagi, adanya pembentukkan nomenklatur kementerian yang baru, yakni Kemendikbud-Ristek dan Kementerian Investasi.

Nah kira-kira siapa yang akan menempati pos Menteri Investasi?

Direktur Lembaga Survei Kedai Kopi Hendri Satrio mengatakan, kemungkinan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia tidak akan menahkodai lembaga yang menjadi kementerian investasi itu.

Menurut dia, Muhammad Lutfi yang sekarang menjadi Menteri Perdagangan mempunyai kans untuk menjadi orang nomor 1 di Kementerian Investasi.

"Apakah nanti menteri investasinya Bahlil atau ada orang lain, bisa saja. Karena Bahlil terakhir ada kontroversi soal pemilihan Ketua Kadin. Apakah kemudian Lutfi (Mendag) akan diganti jadi menteri investasi, karena kemarin dia juga kontroversi tentang impor beras," katanya kepada Kompas.com, Jumat (16/4/2021).

Baca juga: Benci Produk Luar Negeri Dinilai Datangkan Investasi, Kok Bisa?

Sementara itu menurut Pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah Adi Prayitno, Bahlil masih berpeluang untuk tetap menjadi orang nomor satu di nomenkelatur baru itu.

"Tentu Presiden akan melantik menteri investasi yang dianggap sebagai peleburan dari BPKM. Kalau menterinya itu Bahlil Lahadalia, saya kira tidak ada persoalan. Orang tidak akan bicara tentang urgency reshuffle," katanya.

Namun sebut dia, bisa jadu Bambang Brodjonegoro yang sekarang menjadi Menristekdikti menjadi menteri investasi.

"Tapi kalau menterinya seperti Bambang Brodjonegoro, karena dia memiliki latar belakang ekonomi, ya Bahlil akan terdepak," ucapnya.

Adi menambahkan, wacana reshuffle dalam waktu dekat ini, hanya terfokus kepada dua nomenklatur baru kementerian tersebut.

Baca juga: BKPM Bakal Jadi Kementerian Investasi, Begini Realisasi Investasi RI di Era Jokowi

"Kalau bicara konteks terkait dua hal itu, isu jilid kedua ini, apalagi Ngabalin mengatakan, kalau tidak ada aral melintang dalam sepekan ini ada reshuffle, artinya kalau dalam waktu sepekan itu terjadi reshuffle, itu murni soal adanya nomenklatur baru dalam kementerian itu," ucap dia.

Sebelumnya, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin mengatakan, perombakkan Kabinet Indonesia Maju akan dilakukan pada pekan ini.

Wacana reshuffle menguat pasca rencana peleburan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek), serta dibentuknya Kementerian Investasi.

Kendati demikian, Ngabalin belum dapat menyampaikan detail waktu pelaksanaan reshuffle.

Baca juga: Bakal Jadi Kementerian Investasi, Ini Tanggapan BKPM



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X