Ini 10 Negara dengan Perekonomian Terbesar, Sebelum dan Sesudah Pandemi Covid-19

Kompas.com - 22/04/2021, 06:51 WIB
Ilustrasi bendera AS. SHUTTERSTOCKIlustrasi bendera AS.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 yang telah merebak selama lebih dari satu tahun sudah membawa banyak perubahan terhadap perekonomian dunia. Sebagian besar negara pun harus jatuh ke jurang resesi.

Hal tersebut juga menciptakan adanya perubahan terhadap daftar 10 negara dengan perekonomian terbesar di dunia.

Beberapa negara harus turun dari peringkat semula perekonomian terbesar, bahkan ada juga yang terdepak dari daftar tersebut.

Baca juga: Erick Thohir Sebut Perekonomian Indonesia Mampu Tumbuh 7 Persen, ini Alasannya

Dilansir dari CNBC, Kamis (22/4/2021), mengacu kepada produk domestik bruto (PDB) dengan menggunakan dollar AS sebagai acuan, Amerika Serikat masih menjadi negara dengan perekonomian terbesar dunia.

Meski PDB-nya menyusut dari 21,43 triliun dollar AS pada 2019, menjadi 20,93 triliun pada 2020, Negeri Paman Sam masih mengungguli China yang tidak bergerak di posisi kedua, dengan PDB 14,7 triliun pada 2020.

Peringkat ketiga hingga keempat masih ditempati oleh Jepang dan Jerman, dengan PDB masing-masing sebesar 5,1 triliun dollar AS dan 3,8 triliun dollar AS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, India harus merelakan posisi kelima perekonomian terbesar kepada Inggris, setelah PDB-nya menyusut dari 2,9 triliun dollar AS pada 2019, menjadi 2,7 triliun dollar AS pada 2020.

Selanjutnya, Prancis tidak bergerak di posisi ketujuh dengan PDB sebesar 2,6 triliun dollar AS sepanjang tahun lalu. Italia masih mengekor di posisi kedelapan dengan PDB sebesar 1,8 triliun dollar AS.

Baca juga: Indikator Perekonomian Menunjukkan Tanda Pemulihan, Ini Buktinya

Brasil yang semula menempati peringkat kesembilan pada 2019, harus keluar dari daftar 10 besar negara perekonomian terbesar, setelah perekonomiannya terkontraksi sebesar 4,1 persen sepanjang tahun lalu.

Terdepaknya Brasil, membuat Kanada merangkak naik ke posisi sembilan dengan realisasi PDB 1,6 triliun dollar AS pada 2020.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.