Ragam Cerita Penerima Kartu Prakerja, Dapat Uang dan Bekal Kerja Baru

Kompas.com - 23/04/2021, 18:26 WIB
Denni selaku Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja dalam Talk Show Peringatan Hari Kartini Tahun 2021 Kementerian Keuangan bertema Kartini Game Changer, Kartini Pendobrak Perubahan, Rabu (21/4/2021). Dok. Kartu PrakerjaDenni selaku Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja dalam Talk Show Peringatan Hari Kartini Tahun 2021 Kementerian Keuangan bertema Kartini Game Changer, Kartini Pendobrak Perubahan, Rabu (21/4/2021).


JAKARTA, KOMPAS.com – Penyelenggaraan program Kartu Prakerja meninggalkan banyak cerita bagi para peserta penerima bantuan program tersebut. Tak hanya dapat uang tunai, para peserta mengaku memperoleh banyak ilmu baru dari program ini.

Sarimudin, penerima manfaat Prakerja gelombang 14 yang masih melangsungkan pelatihannya di tahun ini turut bercerita.

“Saya terinspirasi mengambil pelatihan Prakerja ini dari cerita teman, saya mendapatkannya setelah sekali mencoba. Di dalamnya saya mengambil pelatihan Microsoft Word,” ungkapnya, sebagaimana dikutip dari keterangan KPCPEN pada Jumat (23/4/2021).

Baca juga: Kartu Prakerja Dikritik, Sri Mulyani: Saya Bingung, Dikasih Ilmu Kok Enggak Mau...

“Dulunya saya tidak tahu menahu komputer. Walaupun itu mendasar, tapi sangat membantu, setidaknya saya bisa mengoperasikan komputer,” sambungnya.

Sarimudin merupakan mantan cleaning service yang diperbantukan untuk urusan logistik di perusahaannya. Tanpa kemampuan komputer, Sarimudin mencatat pekerjaannya secara manual.

Kini Sarimudin sudah memindahkan semua pekerjaannya ke dalam komputer berkat kemampuan yang dipelajarinya dari program Kartu Prakerja.

“Pelan-pelan saat ini masih belajar menggunakan Microsoft Word, nanti akan saya tingkatkan kemampuan untuk Microsoft Excel,” terang Sarimudin.

Kisah serupa diceritakan Putri Dewi, penerima manfaat Prakerja gelombang 3 di tahun 2020. Awalnya, ia bekerja sebagai cleaning service di stasiun televisi.

Baca juga: Awas Hangus, Peserta Kartu Prakerja Gelombang 15 Segera Beli Pelatihan Sebelum 23 April

“Namun di masa pandemi saya diminta mengambil gambar dan merekam video berita. Karena dituntut harus bisa segala kemampuan di Ternate. Bersyukur saya mendapatkan skill baru dari program Prakerja,” urainya.

Putri Dewi pun mengambil pelatihan menjadi jurnalis profesional untuk mendukung pekerjaannya saat ini.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X