[KURASI KOMPASIANA] Ketika Perempuan Makin Peduli Kesehatan Reproduksi

Kompas.com - 28/04/2021, 18:18 WIB
Ilustrasi perempuan sedih. ShutterstockIlustrasi perempuan sedih.

KOMPASIANA---Jika ada satu hal yang mengkhawatirkan dari kemajuan maupun perubahan sosial, barangkakli, kesadaran tentang kesehatan reproduksi dan seksualitas.

Kalaupun itu masih dianggap tabu, paling tidak, mesti ada orang-orang yang lebih paham dan mengerti walau sekadar mengingatkan terhadap pengetahuan kesehatan perempuan.

Karena memang bukan mereka tidak ingin memahami persoalan kesehatan reproduksi dan seksualitas, tetapi karena tidak ada yang membimbing itu tadi.

Dampaknya, justru bertanya dengan orang-orang terdekat, yang mungkin memiliki permasalahan serupa. Akibatnya justru terjadi silang informasi yang keliru.

1. Pengalaman Saya, Mengalami Pendarahan Setiap Usai Berhubungan Seksual

Kompasianer Martha Weda berbagi pengalaman kepada kaum wanita dan mereka yang sudah menikah atas apa yang dialaminya ketika usai berhubungan seksual.

Ketika itu ada yang berbeda, selepas berhubungan intim dengan suami maka keesokan paginya Kompasianer Martha Weda mengalami ada darah yang membasahi celana dalamnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Awalnya hanya berpikir darah yang keluar itu mungkin sisa-sisa dari darah menstruasi yang belum bersih tuntas.

"Memang jumlahnya tidak banyak, tetapi warnanya berbeda dengan warna darah menstruasi. Darah ini lebih merah segar," tulis Kompasianer Martha Weda, menceritakan apa yang dialaminya ketika itu.

Tidak lama setelah itu, Kompasianer Martha Weda akhirnya memutuskan untuk memeriksakannya dan berkonsultasi dengan seorang dokter kandungan. (Baca selengkapnya)

Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X