Jelang Lebaran, Pertamina Tambah 3 Juta Tabung Elpiji 3 Kg di Sulawesi

Kompas.com - 11/05/2021, 20:02 WIB
Pekerja menata tabung gas untuk pengisian tabung gas LPG berukuran 3 Kg di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Elpiji, Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VII, Makassar, Sulawesi Selatan. 

Tribun MakassarPekerja menata tabung gas untuk pengisian tabung gas LPG berukuran 3 Kg di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Elpiji, Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VII, Makassar, Sulawesi Selatan.
Penulis Yoga Sukmana
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertamina Regional Sulawesi menyiapkan tambahan elpiji 3 kg sebanyak 3 juta tabung untuk seluruh provinsi di Sulawesi jelang Lebaran 2021. Jumlah tersebut setara 25 persen lebih banyak dibandingkan konsumsi normal pada Bulan Mei 2021.

Berdasarkan siaran pers Pertamina, Selasa (11/5/2021), penambahan alokasi elpiji dilakukan untuk antisipasi kenaikan konsumsi elpiji 3 kg akibat pembatasan sosial yang diperketat akibat pandemi Covid-19.

Unit Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Regional Sulawesi, Laode Syarifuddin Mursali merinci, penambahan elpiji 3 kg meliputi 1.720.440 tabung di Provinsi Sulawesi Selatan, 353.360 tabung di Sulawesi Tengah, 342.560 tabung di Sulawesi Utara, 221.520 tabung di Sulawesi Tenggara, 219.800 tabung di Gorontalo, dan 176.440 tabung di Sulawesi Barat.

Baca juga: Kemenaker Terima 2.278 Laporan terkait Pembayaran THR Lebaran

Pertamina juga menjamin pasokan elpiji dengan menyiagakan lebih dari 3.700 layanan penjualan resmi elpiji Pertamina.

Layanan penjualan tersebut meliputi agen dan pangkalan yang tetap beroperasi untuk mengantisipasi tingginya permintaan kebutuhan masyarakat selama libur Idul Fitri yang disiagakan selama periode SATGAS Ramadan dan Idul Fitri sejak 26 April – 30 Mei 2021.

“Dioperasikannya Agen dan Pangkalan Siaga selama SATGAS Ramadan dan Idul Fitri ini merupakan bentuk nyata Pertamina sebagai BUMN dalam menjalankan amanat UU Energi No. 30 tahun 2007 di mana Pertamina salah satunya harus mampu memberikan availability atas ketersediaan energi untuk masyarakat,” kata Laode.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun khusus untuk distribusi elpiji, Pertamina menyiagakan juga 42 Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji (SPPBE) dan menyiagakan 16 titik SPPBE Kantong. Berikut rincian jumlah Agen dan Pangkalan Siaga Per-Provinsi yang disiagakan Pertamina Regional Sulawesi:

  • Provinsi Gorontalo: 16 Agen PSO Siaga, 3 Agen Non-PSO Siaga dan 254 Pangkalan PSO Siaga
  • Provinsi Sulawesi Utara: 47 Agen PSO Siaga, 47 Agen Non-PSO Siaga dan 358 Pangkalan PSO Siaga
  • Provinsi Sulawesi Tengah: 34 Agen PSO Siaga, 10 Agen Non-PSO Siaga dan 545 Pangkalan PSO Siaga
  • Provinsi Sulawesi Barat: 13 Agen PSO Siaga, 4 Agen Non-PSO Siaga dan 125 Pangkalan PSO Siaga
  • Provinsi Sulawesi Tenggara: 40 Agen PSO Siaga, 7 Agen Non-PSO Siaga dan 765 Pangkalan PSO Siaga
  • Provinsi Sulawesi Selatan: 140 Agen PSO Siaga, 36 Agen Non-PSO Siaga dan 1.353 Pangkalan PSO Siaga

Baca juga: India Bisa Menjadi Pelajaran Berharga Buat RI

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.