Kemenaker Terima 2.278 Laporan Terkait Pembayaran THR Lebaran

Kompas.com - 11/05/2021, 19:39 WIB
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah tengah menyiapkan pembaharuan SOP bagi para PMI.
DOK. Humas KemnakerMenteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah tengah menyiapkan pembaharuan SOP bagi para PMI.
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA,KOMPAS.com – Posko THR Keagamaan 2021 Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) mencatat sejak 20 April hingga 10 Mei ada 2.278 laporan, yang terdiri dari 692 konsultasi THR dan 1.586 pengaduan THR.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan, dari berbagai laporan yang masuk ke Kemnaker melalui Posko THR, pembayaran THR Keagamaan tahun 2021 berjalan sesuai yang diharapkan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

"Kami mendapat laporan sudah banyak perusahaan yang membayar THR. Kita beri apresiasi kepada perusahaan yang sudah bayar THR," ujar Ida melalui siaran pers, Selasa (11/5/2021).

Baca juga: India Bisa Menjadi Pelajaran Berharga Buat RI

Ida memastikan pemerintah terus memantau pelaksaan pembayaran THR melalui Posko THR Keagamaan baik di tingkat pusat ataupun daerah. Adapun topik konsultasi yang dilaporkan masyarakat ke Posko THR 2021 menyangkut 5 hal.

Pertama, THR bagi pekerja yang masa kerjanya selesai. Kedua, THR bagi pekerja yang di-PHK. Ketiga, THR bagi pekerja yang mengundurkan diri (resign). Keempat, THR bagi pekerja kemitraan. Kelima, THR bagi pekerja yang dirumahkan.

Sedangkan beberapa topik pengaduan yang masuk ke Posko THR 2021 yakni, 50 persen pengaduan terkait dengan THR yang dibayar dicicil oleh perusahaan, dan selanjutnya terkait dengan THR yang dibayar tidak penuh karena ada pemotongan gaji, THR tidak dibayarkan 1 bulan gaji atau THR tidak dibayar karena dampak Covid-19.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Atas berbagai pengaduan tersebut, Kemenaker telah mengambil empat langkah yaitu verifikasi data internal, kordinasi dengan Disnaker daerah, menurunkan tim pengawas, proses dialog dan kesepakatan penyelesaian,” kata Ida.

Baca juga: Gojek Resmi Masuk ke Grup Lippo



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X