BSI Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi RI Capai 5,04 Persen di 2021

Kompas.com - 27/05/2021, 19:26 WIB
Ilustrasi pertumbuhan ekonomi. THINKSTOCKSIlustrasi pertumbuhan ekonomi.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau BSI memperkirakan ekonomi Indonesia bisa tumbuh mencapai 5,04 persen di 2021. Proyeksi ini merupakan angka di level optimis, sedangkan pertumbuhan level moderat ada di angka 3,79 persen.

Chief of Economist Bank Syariah Indonesia, Banjaran Surya Indrastomo mengatakan, optimisme pada pertumbuhan ekonomi RI berdasarkan pertimbangan terhadap indikator ekonomi makro, sektor keuangan, sektor riil, dan pola konsumsi masyarakat yang saat ini mulai tumbuh.

"Jadi memang optimisme itu selalu ada. Alhamdullilah current development, pertumbuhannya on the right track dengan level optimisme di angka 5,04 persen," ujarnya dalam webinar Economic Outlook 2021, Kamis (27/5/2021).

Baca juga: RAPBN 2022, Pemerintah Patok Target Pertumbuhan Ekonomi 5,2-5,8 Persen

Ia menjelaskan, aktivitas produksi mulai bergerak tercermin dari indeks manufaktur PMI yang pada April 2021 naik ke level 54,6 persen.

Begitu pula dengan indeks keyakinan konsumen yang naik ke level optimis sebesar 101,5 sehingga menandakan pulihnya sisi permintaan.

Selain itu, didukung pula dari geliat ekonomi di momentum Ramadhan tahun ini. Di mana ada pemberian tunjangan hari raya (THR) sehingga menambah jumlah uang beredar yang sekaligus mendorong belanja masyarakat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami melihat di sini ada peningaktan sehingga berikan sinyal bahwa pemulihan ekonomi sudah menuju ke arah on the right track, karena kegiatan yang bersifat konsumsi dan perdagangan sudah mulai terjadi di akhir Ramadhan," jelas Banjaran.

Selain pemulihan konsumsi masyarakat, beberapa aspek yang juga menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi nasional, diantaranya adalah percepatan program vaksinasi, insentif pajak kendaraan bermotor, dan rencana penerapan kegiatan belajar-mengajar secara luring pada tahun ajaran baru.

Berdasarkan proyeksi optimis Bank Syariah Indonesia, ekonomi nasional pada kuartal II-2021 akan tumbuh di kisaran 3,35 persen. Pertumbuhan ekonomi yang positif itu diyakini berlanjut ke kuartal IV-2021 di kisaran 4,19 persen.

Baca juga: Pertumbuhan Ekonomi Masih -0,74 Persen, Pemerintah Klaim Lebih Baik Dibanding Negara Lain

"Kami melihat bahwa ke depan pertumbuhan ekonomi akan on the track dan itu jadi sinyal positif bahwa perbankan kedepannya juga akan berusaha mengadopsi perubahan yang ada, sekaligus berusaha menjadi salah satu growth-driver dari pertumbuhan ekonomi nasional kedepannya," ungkap Banjaran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.