Kompas.com - 28/05/2021, 19:19 WIB
Mengirim barang via JNE kini bisa membayar melalui ShopeePay yang menawarkan cashback 60 persen. apa kegunaan cashback? Dok. ShopeeMengirim barang via JNE kini bisa membayar melalui ShopeePay yang menawarkan cashback 60 persen. apa kegunaan cashback?

JAKARTA, KOMPAS.com - Di era transaksi digital seperti sekarang, istilah cashback adalah barangkali sudah tak asing lagi. Cashback juga seringkali disamakan dengan diskon. Lalu apa kegunaan cashback dan bedanya dengan diskon?

Pada dasarnya, cashback adalah lazimnya mengacu pada persentase uang pengembalian dari total nominal transaksi.

Sementara dikutip dari Cambridge Dictionary, cashback artinya sistem yang dijalankan suatu bank atau pemilik bisnis untuk mendorong orang untuk membeli dengan memberikan mereka uang setelah mereka selesai membayar.

Selain menggunakan uang cash, cashback adalah biasanya diberikan dalam bentuk poin atau koin digital. Beberapa penjual juga seringkali memberikan cashback dalam bentuk produk hingga voucher.

Baca juga: Apa Itu Leasing dan Contohnya?

Cashback juga berbeda dengan diskon. Diskon diberikan dengan memberikan potongan harga di awal. Bentuk diskon pun sudah pasti berupa uang alias potongan harga.

Selain itu, dengan berkembangnya transaksi digital, cashback hanya diberikan dalam bentuk uang digital.

Dengan sistem seperti itu, maka uang pengembalian dari cashback adalah hanya bisa dipakai untuk transaksi selanjutnya dengan disimpan sebagai deposit.

Sebagai bagian dari program marketing, cashback terbilang cukup efektif. Banyak konsumen yang berminat untuk membeli barang atau jasa yang ditawarkan hanya sekadar ingin mendapatkan cashback.

Baca juga: Apa itu UMKM dan Kriterianya?

Dalam sejarahnya, cashback awalnya banyak digunakan perusahaan-perusahaan penerbit kartu kredit.

Seiring waktu, cashback juga seringkali dipakai sebagai strategi marketing perusahaan properti dalam penjualan unit rumah atau apartemen, hingga diler kendaraan bermotor.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.