Bakal IPO Pertengahan Agustus, Bukalapak Targetkan Dana Rp 11,2 Triliun

Kompas.com - 17/06/2021, 05:48 WIB
Startup eCommerce Bukalapak ANTARA FOTO/Aprillio AkbarStartup eCommerce Bukalapak

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan e-commerce, Bukalapak bakal masuk bursa dengan menawarkan saham perdana atau initial public offering (IPO). Bukalapak menargetkan dana hingga 800 juta dollar AS atau setara Rp 11,2 triliun (kurs Rp 14.000) dalam IPO tersebut.

Menurut dua sumber Reuters sebagaimana dikutip dari Kontan.co.id, Kamis (17/6/2021), IPO Bukalapak akan dilakukan pada bulan Agustus 2021.

IPO Bukalapak akan menjadi yang terbesar di Indonesia dalam 10 tahun terakhir dan IPO terbesar yang pernah ada di Indonesia untuk sebuah startup.

Baca juga: GoTo dan Bukalapak Bersiap IPO Tahun Ini

Tetapi tonggak sejarah itu kemungkinan nantinya akan diambil alih oleh rencana pencatatan saham GoTo, perusahaan hasil merger e-commerce Tokopedia dan perusahaan ride-hailing dan pembayaran Gojek.

Bukalapak, perusahaan e-commerce terbesar keempat di Indonesia akan menjual 10 persen hingga 15 persen dalam IPO tersebut dan menargetkan valuasi antara 4 miliar dolllar AS hingga 5 miliar dollar AS.

Salah satu sumber Reuters membisikkan prospektus pencatatan rahasia saham Bukalapak telah disampaikan ke Bursa Efek Indonesia (BEI).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hasil dari IPO dapat berkisar antara 500 juta dollar AS dan 800 juta dollar AS, tergantung pada permintaan investor dan kondisi pasar, menurut sumber yang tidak berwenang untuk berbicara tentang masalah tersebut dan menolak untuk disebutkan namanya.

Baca juga: Menilik Potensi IPO Sektor Sawit Sepanjang 2021

Bukalapak yang pada 2019 valuasinya lebih dari 2,5 miliar dollar AS menolak mengomentari soal rencana IPO ini ketika dikonfirmasi Reuters.

Startup berusia 11 tahun yang mengklaim memiliki lebih dari 100 juta pengguna. Bukalapak memiliki sejumlah besar investor besar termasuk Microsoft, dana kekayaan negara Singapura GIC, konglomerat media lokal Emtek, dan portal web Korea Selatan Naver Corp.

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan juudul: Bakal IPO pertengahan Agustus, Bukalapak targetkan dana jumbo Rp 11,2 triliun

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.