Ivermectin Sudah Dapat Izin Edar, Erick Thohir Ingatkan Penggunaannya Harus Pakai Resep Dokter

Kompas.com - 22/06/2021, 14:01 WIB
Ilustrasi obat ShutterstockIlustrasi obat

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Indofarma (Persero) Tbk telah mendapatkan izin edar obat terapi Covid-19, Ivermectin, dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Perusahaan pelat merah yang menjadi bagian dari holding BUMN farmasi itu disebut mampu memproduksi 4 juta tablet Ivermectin per bulan dan siap dijual ke masyarakat.

Namun, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, Ivermectin tergolong ke dalam kategori obat keras sehingga penggunaannya perlu disertai resep dokter.

Baca juga: Kasus Positif Melonjak, Erick Thohir Tinjau Langsung Ketersediaan Obat Terapi Covid-19

"Jangan sekali-kali mengonsumsi obat ini tanpa resep dokter," kata dia dalam unggahan akun Instagram-nya, dikutip pada Selasa (22/6/2021).

Mantan bos Inter Milan itu menjelaskan, meskipun saat ini masih terus dalam proses pengujian, obat terapi Covid-19 itu sudah siap diedarkan.

Agar dapat dijangkau oleh masyarakat, Ivermectin akan dijual dengan harga mulai dari Rp 5.000 sampai Rp 7.000 per tablet.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Menjualnya dengan harga terjangkau agar bisa bangun kemandirian bangsa dan membantu penanganan Covid-19," ujar Erick.

Baca juga: Kasus Covid-19 Meningkat, Sri Mulyani Tak Pede Ekonomi Tumbuh 8 Persen

Selain Ivermectin, holding farmasi BUMN itu juga akan memproduksi obat terapi Covid-19 jenis Oseltamivir dan Favipiravir untuk memastikan kecukupan stok.

Kedua jenis obat tersebut ditargetkan sudah dapat menerima lisensi pada September mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.