Work From Destination, Sandiaga Uno Mulai Bekerja dari Borobudur

Kompas.com - 22/06/2021, 19:13 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno saat berlari pagi di Kota Batu menuju Batu Love Garden (Baloga), Sabtu (22/5/2021). KOMPAS.COM/Dok. MenparekrafMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno saat berlari pagi di Kota Batu menuju Batu Love Garden (Baloga), Sabtu (22/5/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pariwisata dan EkonomI Kreatif Sandiaga Uno mulai menjalankan Work Form Borobudur, sebagai perluasan Work From Destination yang digagas untuk membangkitkan pariwisata dan ekonomi Kawasan yang terdampak Covid-19.

“Hari ini sampai dengan beberapa hari kedepan, saya akan Work From Borobudur, atau Work From Magelang sebagai perluasan work from destination,” kata Sandiaga dalam Weekly Press Briefing, Selasa (22/6/2021).

Sandiaga mengatakan, pada dasarnya industri telah siap dalam mempersiapkan kegiatan bekerja dari destinasi sebagai bentuk adaptasi sekaligus peluang di tengah pandemi, mulai dari hotel, restoran, penerbangan dan lainnya.

Baca juga: Sandiaga Uno Usulkan Pariwisata Berbasis Vaksin di Bali

Menurut dia, untuk menjamin kenyamanan dan keamanan dalam melakukan work from destinasional, sertifikasi CHSE atau Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan) perlu diterapkan.

“Sebagai upaya membangkitkan pariwisata dan ekonomi kreatif, serta memulihkan sektor ini, seluruh pemangku kepentingan harus meningkatkan adaptasi dan inovasi. Sertifikasi CHSE dan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin perlu dijalankan,” jelas dia.

Konsep Work From Destination ini sebelumnya telah sosialisasikan sejak awal tahun 2021 di Bali dan disambut dengan baik oleh industri. Sandiaga mengungkapkan, seluruh destinasi yang berada di wilayah Taman Wisata Candi Borobudur telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Destinasi-destinasi tersebut telah siap menyambut wisatawan dengan jam operasional serta pembatasan kunjungan. Kita harapkan selain kita menggerakkan ekonomi setempat, kita juga akan dorong sertifikasi CHSE,” jelas Sandi.

Sandiaga menambahkan, pada awal Juli 2021 nanti pihaknya akan mulai meluncurkan sertifikasi CHSE untuk membangkitkan kembali geliat usaha dan membuka lapangan kerja, dalam lingkup protokol kesehatan yang ketat dan disiplin.

Baca juga: Sandiaga Uno Pastikan Pembukaan Pariwisata Bali Tunggu Kasus Covid-19 Melandai

Di sisi lain, Sandiaga juga terus berupaya mempercepat vaksinasi di Kawasan pariswisata untuk meningkatkan kepercayaan wisatawan. Sebagai prasyarat bagi wisatawan yang hendak bepergian, Sandiaga mengimbau masyarakat untuk dapat memaksimalkan program vaksinasi yang disiapkan pemerintah.

“Ini akan kita dorong untuk mempercepat vaksinasi di destinasi-destinasi wisata. Saya melihat vaksinasi di destinasi ini akan menjadi salah satu prakondisi kebangkitan kita. Kami pun mendorong masyarakat yang telah mendapatkan vaksinasi untuk dapat melakukan work from destination,”tegas dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.