Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Work From Destination, Sandiaga Uno Mulai Bekerja dari Borobudur

Kompas.com - 22/06/2021, 19:13 WIB
Kiki Safitri,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pariwisata dan EkonomI Kreatif Sandiaga Uno mulai menjalankan Work Form Borobudur, sebagai perluasan Work From Destination yang digagas untuk membangkitkan pariwisata dan ekonomi Kawasan yang terdampak Covid-19.

“Hari ini sampai dengan beberapa hari kedepan, saya akan Work From Borobudur, atau Work From Magelang sebagai perluasan work from destination,” kata Sandiaga dalam Weekly Press Briefing, Selasa (22/6/2021).

Sandiaga mengatakan, pada dasarnya industri telah siap dalam mempersiapkan kegiatan bekerja dari destinasi sebagai bentuk adaptasi sekaligus peluang di tengah pandemi, mulai dari hotel, restoran, penerbangan dan lainnya.

Baca juga: Sandiaga Uno Usulkan Pariwisata Berbasis Vaksin di Bali

Menurut dia, untuk menjamin kenyamanan dan keamanan dalam melakukan work from destinasional, sertifikasi CHSE atau Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan) perlu diterapkan.

“Sebagai upaya membangkitkan pariwisata dan ekonomi kreatif, serta memulihkan sektor ini, seluruh pemangku kepentingan harus meningkatkan adaptasi dan inovasi. Sertifikasi CHSE dan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin perlu dijalankan,” jelas dia.

Konsep Work From Destination ini sebelumnya telah sosialisasikan sejak awal tahun 2021 di Bali dan disambut dengan baik oleh industri. Sandiaga mengungkapkan, seluruh destinasi yang berada di wilayah Taman Wisata Candi Borobudur telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin.

“Destinasi-destinasi tersebut telah siap menyambut wisatawan dengan jam operasional serta pembatasan kunjungan. Kita harapkan selain kita menggerakkan ekonomi setempat, kita juga akan dorong sertifikasi CHSE,” jelas Sandi.

Sandiaga menambahkan, pada awal Juli 2021 nanti pihaknya akan mulai meluncurkan sertifikasi CHSE untuk membangkitkan kembali geliat usaha dan membuka lapangan kerja, dalam lingkup protokol kesehatan yang ketat dan disiplin.

Baca juga: Sandiaga Uno Pastikan Pembukaan Pariwisata Bali Tunggu Kasus Covid-19 Melandai

Di sisi lain, Sandiaga juga terus berupaya mempercepat vaksinasi di Kawasan pariswisata untuk meningkatkan kepercayaan wisatawan. Sebagai prasyarat bagi wisatawan yang hendak bepergian, Sandiaga mengimbau masyarakat untuk dapat memaksimalkan program vaksinasi yang disiapkan pemerintah.

“Ini akan kita dorong untuk mempercepat vaksinasi di destinasi-destinasi wisata. Saya melihat vaksinasi di destinasi ini akan menjadi salah satu prakondisi kebangkitan kita. Kami pun mendorong masyarakat yang telah mendapatkan vaksinasi untuk dapat melakukan work from destination,”tegas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com