Kompas.com - 28/06/2021, 19:37 WIB
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) menggandeng Pemerintah Austria dalam mengembangkan Balai Latihan Kerja (BLK) Maritim di Serang. Selain di Serang, kerja sama pengembangan BLK Maritim juga dilakukan di Medan dan Makassar.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mendukung program prioritas Pemerintah dalam pengembangan sektor maritim Indonesia.

"Saya ingin menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Austria, atas komitmennya dalam membantu kegiatan pengembangan BLK Maritim di Indonesia," kata Ida dalam siaran pers, Senin (28/6/2021).

Baca juga: Perusahaan Membandel, Sri Mulyani Bakal Tarik Pajak Sampai ke Luar Negeri

Ida mengatakan, ruang lingkup proyek pengembangan BLK Maritim terdiri dari beberapa komponen, yakni pekerjaan utama yaitu konstruksi gedung, pengadaan peralatan pelatihan, pengembangan kurikulum, serta pelatihan instruktur dan manajemen.

Dalam pengembangan kurikulum, mencakup program dan modul pelatihan yang sesuai dengan standar Austria yang diakui di Eropa, tentunya dengan sentuhan kontekstualisasi kebutuhan lokal di Indonesia.

Kerja sama Kemenaker dengan pemerintah Austria di BBPLK Serang ini merupakan pengembangan secara komprehensif atas 4 program kejuruan pelatihan yang saat ini sudah ada, yaitu teknik mekanik, las, listrik dan mekatronik, khususnya penguatan untuk kejuruan las dan listrik.

Baca juga: Sandiaga Uno: Wisata Berbasis Vaksin Bantu Percepatan Vaksinasi Covid-19

"Acara Groundbreaking, pembangunan workshop BLK Maritim BBPLK Serang, menandai juga langkah nyata pemerintah Indonesia, khususnya Kementerian Ketenagakerjaan, dalam mencetak tenaga kerja unggul di sektor maritim," kata Menaker Ida.

Duta Besar Austria di Indonesia, Johannes Peterlik mengatakan, project ini kedepannya akan berdampak baik bagi pekerja Indonesia nantinya khususnya bidang pariwisata maritime. Ia mengatakan, BLK diharapkan dapat mengedukasi pekerja tentang pentingnya penguasaan kompetensi bidang pariwisata maritim untuk bisa mengenalkan pariwisata kepada wisatawan.

"Saya akan sangat concern memantau perkembangan project ini. Kerja sama ini diharapkan dapat memberikan kontribusi penting, bukan hanya bagi masyarakat sekitar BBPLK Serang, namun juga bagi industri welding dan elektrik Indonesia ke depannya," kata Johannes.

Baca juga: Garuda Indonesia Raih 5-Star Covid-19 Airline Safety dari Skytrax

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.