Restrukturisasi Utang Waskita Karya Capai Rp 19,3 Triliun

Kompas.com - 19/07/2021, 14:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) bersama lima kreditur menyepakati restrukturisasi pinjaman senilai Rp 19,3 triliun.

Lima kreditur yang dimaksud adalah Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Syariah Indonesia (BSI), dan Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (BJB).

Berdasarkan keterbukaan informasi Waksita Karya, Senin (19/7/2021), BNI merupakan kreditur dengan nilai restrukturisasi utang terbesar, yakni Rp 9,16 triliun. Disusul Bank Mandiri Rp 4,62 triliun, BRI Rp 2,79 triliun, BSI Rp 1,71 triliun, dan BJB Rp 998,22 miliar.

Baca juga: Waskita Gandeng BUMN China Garap Proyek Infrastruktur RI, Ini Kata Erick Thohir

Restrukturisasi utang ini terbagi menjadi dua tranches dengan perpanjangan tenor hingga 31 Desember 2026 dan opsi perpanjangan hingga tahun 2031. Restrukturisasi ini juga menyesuaikan bunga/imbal hasil atas pinjaman/pembiayaan syariah.

Penandatanganan perjanjian dengan lima kreditur tersebut berlangsung pada Jumat, 16 Juli 2021. Sementara proses restrukturisasi sudah diumumkan ke publik sejak awal tahun 2021.

Manajemen Waskita Karya yakin, restrukturisasi utang ini dapat memberikan dampak yang baik bagi kelangsungan usaha dan kondisi keuangan perusahaan ke depannya.

Terlebih lagi, nilai restrukturisasi tersebut setara 65 persen dari total pinjaman dari seluruh kreditur perusahaan yang sebesar Rp 29,26 triliun. (Nur Qolbi)

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Restrukturisasi utang Waskita Karya (WSKT) capai Rp 19,3 triliun, BNI yang terbesar

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.