E-COMMERCE

Belajar dari Ajisaicraftshop, Toko Suvenir Asal Surakarta yang Merambah Pasar Singapura

Kompas.com - 24/07/2021, 15:26 WIB
Hartono pemilik Ajisaicraftshop. DOK. AjisaicraftshopHartono pemilik Ajisaicraftshop.

KOMPAS.com – Berawal dari kebingungan istrinya mencari kado untuk teman pada 2017, Hartono kini memiliki bisnis suvenir yang cukup sukses.

Pada masa itu, Hartono menyadari bahwa suvenir punya potensi pasar dan permintaan yang tinggi. Namun, ketersediaannya belum banyak. Hal itulah yang menginspirasi Hartono membangun bisnis suvenir dengan nama Ajisaicraftshop.

Awalnya, Hartono hanya fokus menjual suvenir karangan bunga dan aksesori pendukung. Sebab, ia merasa bahwa produk karangan bunga memiliki potensi pasar yang besar, terutama di kalangan anak muda.

Kala itu, semua produk milik Hartono hanya dijual secara offline, dari kampus ke kampus. Skala penjualannya pun masih dalam lingkup lokal, terutama pada momen wisuda dan acara-acara yang diadakan oleh mahasiswa.

Baca juga: Dorong Digitalisasi, Teten Gandeng Shopee Gelar Live Shopping Produk UKM

Sampai akhirnya, Hartono membuat akun Instagram untuk membantu menjual produknya secara online.

Setelah beberapa waktu menjual produknya di Instagram, Hartono mulai menjual produknya di e-commerce Shopee pada 2018. Hal itu ia lakukan demi memperluas jangkauan pasar ke seluruh Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, pada saat itu, berjualan di Shopee belum menjadi fokus Hartono. Pasalnya, ia hanya menggunakan Shopee untuk sedikit menambah penjualan produknya.

Seiring berjalannya waktu, Hartono melihat bahwa menjual produknya di Shopee lebih menarik, aman, dan bisa menjangkau pasar lebih luas. Selain itu, Shopee juga memberkan dukungan pemasaran.

Baca juga: Kampanye Shopee Dari Rumah Bantu Masyarakat Penuhi Kebutuhan Selama PPKM Darurat

Bersama Shopee, proses pengiriman kepada konsumen menjadi lebih mudah dan tidak perlu dikerjakan secara manual. Sejak saat itu, penjualan karangan bunga milik Hartono hanya difokuskan di Shopee.

Menurutnya, setelah berjualan di Shopee, penjualan produknya terus meningkat karena marketplace itu memiliki banyak pengguna yang dapat membantu menaikkan penjualan produknya. Bahkan, ia sampai harus menambah jumlah karyawannya tiga kali lipat guna menunjang permintaan pembeli.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.