Kompas.com - 24/07/2021, 19:54 WIB
Ilustrasi smartphone dengan Google Lens. OTP adalah kependekan dari one-time password. Kode OTP adalah password yang bersifat sementara, di mana kode OTP artinya sebagai pengamanan. Dok. VivoIlustrasi smartphone dengan Google Lens. OTP adalah kependekan dari one-time password. Kode OTP adalah password yang bersifat sementara, di mana kode OTP artinya sebagai pengamanan.

JAKARTA, KOMPAS.com - OTP adalah istilah populer sejak masifnya digitalisasi, termasuk perbankan maupun transaksi pembayaran berbasis elektronik. Sesuai kepanjangannya, OTP artinya one-time password.

Dikutip dari laman Smart Id, OTP adalah kode password yang bersifat sementara yang dikirimkan melalui pesan singkat SMS, WhatsApp, maupun email. Kode OTP adalah biasanya memiliki masa berlaku singkat, yakni rentan antara 30 detik hingga 5 menit.

Kode OTP adalah sarana keamanan yang dibuat pembuat aplikasi agar tidak disalahgunakan orang lain. Ini karena penerima kode OTP adalah pemilik nomor handpone atau email yang didaftarkan.

Di era digitalisasi saat ini, kode OTP dipakai untuk pembuat aplikasi untuk proses pendaftaran. Seperti pendaftaran rekening bank digital, pendaftaran akun e-commerce, pendaftaran akun dompet digital, dan aplikasi lainnya.

Baca juga: Mengenal PayLater Online Shop yang Jadi Pesaing Kartu Kredit

Jika seorang tidak menerima atau mengonfirmasi kode OTP, maka pendaftaran tidak akan bisa dilanjutkan. Untuk itu agar kode OTP bisa diterima, seseorang harus memasukan nomor telepon dengan benar, termasuk menuliskan kode negara.

Untuk kode OTP yang dikirimkan melalui email, periksa dengan benar ejaan karakter alamat email yang digunakan. Kode OTP sendiri biasanya dikirimkan dengan sangat cepat atau dalam hitungan detik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Apabila kode OTP adalah baru dikirimkan lebih dari 2 menit, ada kemungkinan masalah jaringan atau gangguan pada sistem.

Kode OTP lazimnya berupa 6 digit angka dan hanya sekali pakai. Selain itu, kode OTP dibatasi waktu alias akan hangus dalam waktu 2 sampai 5 menit.

Baca juga: Kartu Elit Hanya untuk Kalangan Tertentu, Apa Itu Black Card?

Kode OTP adalah bersifat sangat rahasia. Jangan memberikan kode OTP kepada pihak lain. Alasannya tentu untuk menghindari pembajakan. Banyak kejahatan digital bermula dari kode OTP.

Berikut karakteristik kode OTP:

  • Hanya digunakan satu kali
  • Berbentuk angka, karakter, atau kombinasi keduanya
  • Akan hangus dalam beberapa saat
  • Bersifat sangat rahasia

Dari karakteristik di atas, OTP artinya bisa dibedakan dengan password atau PIN. Jika kode OTP adalah bersifat sementara, PIN bersifat permanen, kecuali pengguna melakukan penggantian kode PIN.

Baca juga: Apa Itu Liabilitas: Pengertian, Jenis, dan Contohnya dalam Akuntansi

 



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.