Kompas.com - 25/07/2021, 14:45 WIB
Ilustrasi pialang saham, Bagi investor reksadana, tentu tak asing lagi dengan bank kustodian. Apa itu bank kustodian? Bank kustodian adalah bank umum penampung dana investor. thikstockphotosIlustrasi pialang saham, Bagi investor reksadana, tentu tak asing lagi dengan bank kustodian. Apa itu bank kustodian? Bank kustodian adalah bank umum penampung dana investor.
Penulis Mutia Fauzia
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Broker adalah salah satu istilah yang kerap didengar berkaitan dengan pasar saham.

Sebenarnya apa itu broker?

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti broker adalah pedagang perantara yang menghubungkan pedagang satu dengan yang lain dalam hal jual beli atau antara penjual dan pembeli (saham dan sebagainya). Di Indonesia, broker kerap di sebut sebagai pialang saham.

Sementara itu, dilansir dari Investopedia, broker adalah individu atau perusahaan yang berperan sebagai perantara antara investor dan pedagang efek. Sebab, pedagang efek hanya menerima pesanan dari individu atau perusahaan yang menjadi anggota dari bursa tersebut.

Sehingga, trader dan investor individu membutuhkan jasa dari anggota bursa tersebut.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Broker, Pengertian Hingga Jenis-jenisnya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Broker menyediakan jasa dan dibayar dengan berbagai cara, baik melalui komisi, biaya, ataupun dibayar oleh pihak bursa sendiri.

Selain mengeksekusi pesanan klien, broker juga menyediakan jasa riset, rencana investasi dan analisis pasar kepada para investor. Selain itu, para broker juga mungkin saja melakukan penjualan produk dan jasa finansial lain, misalnya saja menyediakan penawaran dan solusi investasi bagi individu super kaya.

Di masa lalu, hanya orang kaya yang mampu menggunakan jasa broker dan mendapatkan akses ke pasar saham.

Namun kini, jual-beli saham dapat diakses secara digital dan menyebabkan investor bisa melakukan kegiatan investasi dengan ongkos lebih murah meski tanpa ada saran yang sifatnya personal.

Di Indonesia, kegiatan yang dilakukan oleh broker diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.